DetikNews
Jumat 24 Agustus 2012, 10:44 WIB

Bonaran Situmeang Bawa Tapanuli Tengah Pecahkan Rekor MURI

- detikNews
Pandan - Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara hari ini genap berusia ke-67 tahun. Daerah berjulukan \\\'Negeri Wisata Sejuta Pesona\\\' itu berhasil menorehkan prestasi di Museum Rekor Indonesia (MURI).

Daerah yang dipimpin oleh Bupati Raja Bonaran Situmeang itu masuk buku rekor MURI setelah berhasil menggelar acara bakar ikan terpanjang, yaitu 7.2 km. Acara spektakuler itu digelar di sepanjang tepi pantai mulai dari Sibintang, Kecamatan Sosorgadong, hingga ke Kedai Tiga, Kecamatan Barus, Tapteng, Kamis (23\/8\/2012).

Bonaran pun mengaku senang dan bangga atas torehan prestasi tersebut. Apalagi mereka berhasil memecahkan rekor bakar ikan sebelumnya yang dipegang oleh Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, yakni sepanjang 6 km.

\\\"Saya sangat senang dan bangga sekali atas prestasi ini. Rekor bakar ikannya kemarin sepanjang 7.2 km, dan ikan yang dibakar sebanyak 9.250 ton,\\\" ujarnya kepada detikcom<\/strong> saat ditemui di kediamannya di daerah Pandan, Tapteng, Jumat (24\/8\/2012) dini hari.

Bonaran menambahkan, acara itu sukses berkat peran aktif masyarakat Tapteng. Ia pun berharap agar pemecahan rekor MURI itu bisa meningkatkan minat wisatawan domestik maupun manca negara ke Tapteng.

\\\"Rekor Muri ini berhasil kita raih berkat dukungan dan partisipasi aktif ribuan masyarakat Tapteng. Saya pun berharap wisatawan lokal dan manca negara bisa meningkat ke negeri wisata sejuta pesona ini dengan diadakannya event tersebut,\\\" jelasnya.

Selain pemecahan rekor bakar ikan terpanjang, berbagai perlombaan juga turut memeriahkan HUT Tapteng itu. Puncaknya, hari ini akan digelar pagelaran budaya, dan panggung hiburan rakyat yang akan menampilkan berbagai artis termasuk \\\'Maha Dewi\\\', dan \\\'Tiga Macan.





(bar/mok)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed