detikNews
Selasa 07 Agustus 2012, 19:53 WIB

Presiden Myanmar akan Undang Sekjen OKI ke Lokasi Konflik Rohingya

- detikNews
Presiden Myanmar akan Undang Sekjen OKI ke Lokasi Konflik Rohingya Foto: BBC
Jakarta - Presiden Thein Sein kini sedang mempertimbangkan mengundang Sekjen OKI berkunjung ke lokasi konflik etnis Rohingya. Ini adalah tindak lanjut atas surat Presiden SBY pada akhir pekan lalu.

Demikian dijelaskan Menlu Marty Natalegawa tentang salah satu pembicaraannya dengan Menlu Myanmar. Dia ditemui wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (7\/8\/2012).

\\\"Kami mendengar Menlu Myanmar menyatakan berdasar masukan Presiden SBY, Presiden Myanmar mempertimbangkan menerima Sekjen OKI untuk berkunjung ke Myanmar,\\\" kata Marty.

Lebih lanjut dia menyatakan, di dalam pembicaraannya dengan Menlu Myanmar, juga dinyatakan Presiden Thein Sein akan segera mengirim surat balasan kepada Presiden SBY. Namun itu bukan berarti konflik komunal di Myanmar juga akan berakhir.

\\\"Dalam upaya diplomasi tidak ada kepastian mengenai deadline atau timeline, ini proses. Masalah yang sudah puluhan tahun terjadi di Myanmar, jadi penyelesaian yang menyeluruh memerlukan waktu,\\\" jelas Marty Natalegawa.

Lebih lanjut Marty mengatakan bahwa Myanmar menghargai pandangan Indonesia. Selama ini Indonesia juga selalu mendampingi Myanmar dalam menjalani proses demokratisasi dan rekonsiliasi politik pasca pemilihan umum.

\\\"Pada intinya yang kita inginkan adalah agar penduduk ini diberi hak-hak mendasarnya. Mengenai kewarganegaraan itu masalah dalam negeri dari masing-masing negara termasuk Myanmar, tapi ada upaya ke arah itu,\\\" paparnya.




(lh/trq)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com