DetikNews
Selasa 03 Juli 2012, 11:21 WIB

Petani Tembakau Kuasai Jalanan, Kuningan Lumpuh

- detikNews
Petani Tembakau Kuasai Jalanan, Kuningan Lumpuh
Jakarta - Polisi menutup arus lalu lintas di Jl HR Rasuna Said tepatnya Kuningan arah ke Menteng, Jakarta Pusat. Penutupan ini dilakukan karena ribuan petani tembakau memadati jalur lambat, jalur cepat dan busway.

Pantauan detikcom, Selasa (3\/7\/2012) pukul 11.00 WIB, polisi meminta seluruh kendaraan untuk berputar di depan Menara Kadin. Ribuan demonstran ini mulai bergerak dari Kementerian Kesehatan ke arah Kementerian Hukum dan HAM. Mereka berjalan kaki ke kantor Kemenkum HAM yang jaraknya hanya sekitar 500 meter dari Kementerian Kesehatan.

Demonstrasi ini juga membuat lalu lintas di sekitar lampu merah Kuningan kacau balau. Kendaraan saling serobot untuk bisa menghindari kawasan Kuningan. Pengendara juga banyak memilih untuk masuk ke dalam kawasan Mega Kuningan untuk menghidari Jl HR Rasuna Said.

Demo ini diikuti seribuan petani yang diperkirakan diangkut dengan 103 bus pariwisata. Mereka bertolak dari Masjid Istiqlal lalu bergerak ke Kuningan. Mereka memprotes rencana pengesahan RPP Pengendalian Tembakau yang dianggap merugikan mereka. Sedangkan Kemenkes beralasan, RPP itu bertujuan untuk melindungi kesehatan masyarakat, termasuk anak-anak, dari dampak negatif rokok\/tembakau.




(nal/nrl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed