detikNews
Rabu 30 Mei 2012, 12:40 WIB

PAN Sayangkan Pemerintah Tak Terbuka Alasan Grasi Corby

- detikNews
Jakarta - Presiden SBY memberikan grasi terhadap ratu mariyuana Schapelle Corby dengan alasan kemanusiaan dan keadilan. Ketua Fraksi PAN Tjatur Sapto Edy menilai harus ada penjelasan lebih detail soal alasan itu.

\"Grasi terhadap Corby di UU Grasi seacra tersirat grasi itu lebih demi kemanusiaan dan keadilan. Secara substansi kita menyayangkan kalau tidak ada keterbukaan,\" ujarnya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (30/5/2012).

Oleh karena itu, menurut Tjatur, Komisi III harus memberikan keterangan soal latar belakang dan pertimbangan keluarnya grasi itu. Termasuk soal adanya isu agar Australia tak usik Papua serta barter tahanan.

\"Kita sebagai bangsa harus yakin kedaulatan segala-galanya dan kita sedang gencar memberantas narkoba kalau ada kepentingan negara yang lebih luas itu harus dijelaskan,\" tuturnya.

Komisi III juga akan memohon penjelasan pada MA karena grasi Corby perlu pertimbangan institusi hukum tertinggi itu. Namun untuk interpelasi, PAN masih menunggu penjelasan dari Menkum dan HAM terlebih dulu.

\"Interpelasi ini kan belum diusulkan, proses politik kita lihat nanti, tapi menurut saya yang paling penting sekarang mendengarkan penjelasan menkumham kalau di Komisi III bisa digali maka bisa lebih luas,\" katanya.




(gah/nwk)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com