DetikNews
Selasa 22 Mei 2012, 15:41 WIB

Buku Bergambar Nabi Muhammad Sempat Bikin Siswa di Solo Kaget

- detikNews
Buku Bergambar Nabi Muhammad Sempat Bikin Siswa di Solo Kaget
Solo - Buku \\\'Kisah Menarik Masa Kecil Para Nabi\\\' yang di dalamnya terdapat gambar Nabi Muhammad, sudah lama beredar di Solo. Awalnya tak banyak yang peduli, tapi kemudian menimbulkan keresahan setelah siswa mengungkap adanya gambar tersebut.

\\\"Saya pikir anak saya salah mempersepsikan ilustrasi itu, ternyata nggak. Ada gambar Nabi Muhammad yang cukup jelas,\\\" kata Dyah, salah satu orang tua siswa SD Islam di Solo, Selasa (22\/5\/2012).

Dijelaskan Dyah, buku tersebut dipinjam anaknya dari perpustakaan sekolah kemarin. Sesampai di rumah, sang anak yang tercatat sebagai siswa kelas 4 itu langsung membaca buku tersebut. Dia sempat kaget dan bertanya, kenapa gambar Nabi Muhammad terlihat jelas.

Buku terbitan Nobel Edumedia tahun 2010, ditulis N Khasanah RA. Penerbit tersebut beralamat di Jl Rawagelam III No 4, Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta.

Pihak sekolah menjelaskan, buku bantuan Kemenag itu diterima 6 bulan lalu. \\\"Kami menerima 19 dus besar buku itu. Jumlahnya mencapai ratusan eksemplar. Saat itu kami sudah memberikan laporan tertulis ke Kantor Kemenag Kota Surakarta bahwa kami menerima bantuan dari Kemenag Pusat,\\\" ujar seorang wakil kepala sekolah SD yang enggan disebut namanya.

Dalam setebal 52 halaman tersebut, dikisahkan kehidupan masa kecil 11 nabi. Di bagian akhir, yaitu halaman 43 hingga 48, kehidupan masa kecil Nabi Muhammad SAW dibebekerna. Pada bagian ini terdapat lima ilustrasi gambar yang menggambarkan kehidupan masa kecil hingga masa remaja Nabi Muhammad.

Dari lima gambar itu, terdapat empat gambar yang menunjukkan sosok Nabi Muhammad. Termasuk diantaranya ilustrasi ketika Nabi Muhammad bertemu Buhairah, seorang pendeta ahli kitab yang sedang membuktikan tanda-tanda kenabian dalam diri Nabi Muhammad. Pada gambar itu di bagian kepala ditimpa tulisan \\\'Muhammad\\\' dalam huruf Arab, sedangkan di bagian badan tetap terlihat utuh.





(mbr/try)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed