DetikNews
Rabu 28 Maret 2012, 16:17 WIB

Tolak Kenaikan BBM, Massa Matikan Jaringan Telekomunikasi di Kendari

- detikNews
Tolak Kenaikan BBM, Massa Matikan Jaringan Telekomunikasi di Kendari
Kendari - Ratusan orang dari Front Rakyat Sultra Bersatu (Forsub) yang menolak kenaikan BBM, menduduki Kantor PT Telkom STO I Kendari, Sulawesi Tenggara, di Jalan Sultan Hasanuddin dan berhasil mematikan jaringan telekomunikasi.

Aksi dimulai dengan orasi di perempatan lampu merah Jalan Abdullah Silondae, depan alun-alun Kota Kendari, Rabu (28\/2\/2012). Kemudian, massa long march di sepanjang ruas jalan protokol Kendari menuju Kantor Telkom.

Sesampai di kantor Telkom, beberapa perwakilan massa Forsub diperbolehkan masuk ke ruangan sambungan Telkom dengan didampingi Manajer Customer Telkom Aswan Saiful dan Kapolresta Kendari AKBP Yuyun Yudhantara.

Koordinator aksi, Arman, mengatakan, mereka terpaksa mendatangi kantor Telkom karena selama ini aspirasi yang disampaikan ke anggota DPRD Sultra, tidak pernah terealisasi. Apalagi terkait kenaikan BBM.

\\\"Kami bosan dibohongi anggota dewan, makanya kami datang ke kantor Telkom agar komunikasi untuk sementara dihentikan,\\\" kata Arman.

Sementara, Aswan Saiful mengaku terpaksa mematikan sementara pembangkit listrik otomatis yang menghubungkan ke jaringan telekomunikasi karena didesak pendemo. Namun pihaknya telah menyediakan pembangkit listrik manual yang mampu bertahan selama 30 menit, sehingga jaringan telekomunikasi tetap hidup selama itu.

\\\"Daripada mereka merusak kantor kami yang merupakan aset negara, jadi kami matikan sementara jaringan telekomunikasi. Setelah pengunjuk rasa pulang, bisa kami nyalakan lagi,\\\" jelas Aswan.

Setelah keinginan mereka tercapai, massa akhirnya meninggalkan kantor Telkom Kendari dengan tertib dengan mendapat pengawalan aparat kepolisian setempat.

Sebelumnya, massa Forsub sempat saling dorong dengan anggota polisi yang menjaga kantor Telkom Kendari. Polisi menyiapkan mobil water canon untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk.




(try/try)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed