DetikNews
Rabu 28 Maret 2012, 14:41 WIB

Demo Anti Kenaikan BBM, Mahasiswa USU Medan Blokir Jalan

- detikNews
Demo Anti Kenaikan BBM, Mahasiswa USU Medan Blokir Jalan
Medan - Aksi demonstrasi mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) menentang rencana pemerintah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) diwarnai aksi bakar ban dan blokir jalan. Aksi hanya berlangsung sekitar 30 menit aksi. Massa yang berjumlah sekitar 80 orang itu kemudian membubarkan diri, Rabu (28\/3\/2012), sekitar jam 13.30 WIB.

Para mahasiswa yang menamakan dirinya Aliansi Mahasiswa USU Bersatu tersebut, sebelumnya berkumpul di depan pintu gerbang universitas yang berada di Jl Mansyur, Medan. Seterusnya mereka long march sekitar 500 meter menuju simpang Jl Jamin Ginting dan Jl Mansyur.

Begitu tiba di pertigaan, mereka kemudian memblokir jalan. Ban-ban bekas yang sudah disediakan sejak awal, kemudian dibakar. Massa pun berorasi diantara ban bekas menyala yang menebarkan asap hitam tebal.

\\\"Kita komit menolak kenaikan harga BBM. Kami juga menolak rencana kenaikan Tarif Dasar Listrik,\\\" kata Dodi, salah seorang peserta aksi.

Tindakan mahasiswa yang memblokir jalan tersebut, menyebabkan kemacetan panjang arus lalu-lintas. Ratusan kendaraan terjebak tanpa bisa memutar karena tidak ada jalan alternatif.

Untungnya aksi itu hanya berlangsung sekitar 30 menit saja. Seiring dengan habisnya ban bekas yang terbakar itu, massa kemudian membubarkan diri. Polisi dari Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kota (Polresta) Medan pun segera mengurai kemacetan.

Pada saat bersamaan, kemacetan juga sempat terjadi di depan Makam Pahlawan, Jl Sisingamangaraja, Medan. Massa mahasiswa yang berjumlah sekitar 30 orang dari Universitas Muslim Nusantara (UMN) dan Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), memblokir jalan dan membakar ban. Aksi itu juga bubar dengan sendirinya seiring dengan habisnya ban yang terbakar tersebut.




(rul/try)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed