detikNews
Rabu 28 Maret 2012, 00:18 WIB

Mahasiswa Gelar Aksi Teatrikal Tolak Kenaikan BBM di Semarang

- detikNews
Semarang - Kawasan bundaran bekas videotron, di Jalan Pahlawan, Semarang malam ini diwarnai dengan aksi teatrikal menolak kenaikan harga BBM. Aksi dilakukan oleh massa dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Walisongo Semarang.

Ratusan mahasiswa membentuk lingkaran besar di pinggir jalan sebagai panggung untuk melakukan aksi. Dengan menggunakan kain hitam panjang dan tubuh penuh coretan cat, mahasiswa menampilkan aksi teatrikal yang menggambarkan penderitaan rakyat pasca kenaikan BBM.

\\\"Mereka merefleksikan bagaimana perjuangan hidup rakyat. Inilah simbol penolakan kami,\\\" kata koordinator aksi, M Risa Islami, Selasa (27\/3\/2012).

\\\"Kami menyuarakan penolakan kenaikan harga BBM dengan cara yang berbeda dari tempat lain,\\\" imbuhnya.

Aksi teatrikal tersebut sempat menarik perhatian para pengguna jalan yang melintas di Jalan Pahlawan. Mereka memperlambat laju kendaraan untuk menyaksikan aksi tersebut namun tidak menyebabkan kemacetan. Belasan anggota kepolisan juga terlihat siaga menjaga berlangsungnya aksi dan mengatur lalu lintas.

Sementara itu 15 anggota PMII lainnya mendirikan tenda di atas bundaran bekas videotron dan melakukan aksi mogok makan yang sudah dimulai sejak pagi tadi. Rencananya mereka akan melakukan aksi mogok makan hingga 1 April mendatang.

\\\"Jika tanggal 29 Maret ada pemberitahuan harga BBM tidak naik, maka kami akan membubarkan diri. Tapi jika tetap naik, kami akan mengerahkan kawan-kawan dari PMII dari seluruh Jawa Tengah,\\\" kata M Risa.




(mok/mok)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com