DetikNews
Selasa 27 Maret 2012, 11:14 WIB

Yogya Dikepung Demo Tolak Kenaikan BBM

- detikNews
Yogya Dikepung Demo Tolak Kenaikan BBM
Yogyakarta - Ratusan mahasiswa dari berbagai elemen hari ini menggelar aksi demo kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Aksi digelar dibeberapa tempat diantaranya di kawasan Malioboro, halaman DPRD DIY dan simpang empat JL Laksda Adisucipto.

Kawasan Malioboro dan halaman DPRD DIY \\\'dikuasai\\\' massa Forum Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) DIY, Gerakan Rakyat Anti Kenaikan BBM dan Gerakan Pemuda Progresif, massa PMII DIY dan GMNI DIY.

Massa Forum BEM DIY yang merupakan gabungan beberapa perguruan tinggi DIY datang lebih dulu di depan DPRD DIY dan langsung menggelar orasi di pintu masuk DPRD. Mereka membawa sebuah keranda terbalut kain putih bertuliskan \\\'Kubur SBY-Boediono Sekarang Juga\\\". Massa juga membawa dua buah ban bekas yang siap dibakar.

Mahasiswa menuntut kenaikan harga BBM dibatalkan dan Presiden SBY-Boediono turun.

Massa Forum BEM DIY sempat tidak diperkenankan masuk gedung dewan. Terjadi negosiasi yang alot antara koordinator pengamanan gedung DPRD, aparat Polresta Yogyakarta dengan koordinator aksi Abdul Khalid. Namun akhirnya massa diperkenankan masuk dan menggelar orasi di halaman.

Tidak lama berselang, massa Gerakan Rakyat Anti Kenaikan BBM yang datang berikutnya, langsung bergabung. Massa pun kemudian bergantian orasi untuk menolak kenaikan harga BBM dan menuntut presiden SBY-Boediono turun.

\\\"BBM turun, SBY turun,\\\" teriak massa saat meneriakkan yel-yelnya.

Massa juga menuntut nasionalisasi aset perusahaan asing, tolak intervensi asing, renegosiasi kontrak karya dan revisi UU Migas.

Saat aksi berlangsung, sekitar gedung DPRD dijaga ratusan aparat kepolisian. Polisi menyiapkan dua tabung gas penyemprot kebakaran.

Selain gedung DPRD DIY yang dijaga aparat, kantor Pemasaran Pertamina wilayah Yogyakarta di Jl Mangkubumi juga dijaga ketat aparat.




(bgs/try)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed