DetikNews
Selasa 27 Maret 2012, 10:45 WIB

Demo Tolak Kenaikan BBM, Massa Buruh Makassar Bakar Boneka SBY

- detikNews
Demo Tolak Kenaikan BBM, Massa Buruh Makassar Bakar Boneka SBY
Makassar - Sekitar seratus buruh se-Makassar yang menamakan diri Front Oposisi Rakyat (FOR) Indonesia berunjuk rasa di bawah kolong fly over Urip Sumoharjo, Makassar, Selasa (27\/3\/2012), untuk menolak kebijakan pemerintah yang menaikkan harga BBM.

Dalam aksinya, massa buruh membakar boneka bertopeng Presiden SBY yang tingginya sekitar 2 meter dan sejumlah ban bekas. Pembakaran boneka SBY ini memancing perhatian para pengguna jalan.

Selain pembakaran boneka SBY, massa buruh juga bergiliran membacakan sajak-sajak karya Wiji Thukul di atas badan mobil pick up yang dijadikan mimbar orasi.

Menurut Koordinator aksi FOR Indonesia, Askin, massa buruh membakar boneka SBY sebagai simbol Presiden Indonesia yang menjadi boneka kaum imperialisme. Kebijakan kenaikan BBM dinilai oleh massa buruh sebagai instruksi dari para imperialisme yang menjajah perekonomian Indonesia.

\\\"SBY merupakan boneka dari para imperialisme, kebijakan kenaikan harga BBM hanya menyengsarakan rakyat Indonesia dan menguntungkan perusahaan minyak asing, pemerintah harus menasionalisasi industri minyak yang dikuasai pihak asing,\\\" ujar Askin.

Aksi ini mendapat pengawalan ketat dari ratusan personel polisi, yang terdiri dari Pasukan Brimob Polda Sulselbar, Patroli Motor Polrestabes dan puluhan Polwan.




(mna/try)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed