DetikNews
Senin 26 Maret 2012, 12:07 WIB

Ajak Demo BBM, Sesama Buruh Ricuh di Deli Serdang

- detikNews
Medan - Aksi demonstrasi menolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) sempat diwarnai kericuhan, Senin (26\/3\/2012). Sesama buruh saling adu otot karena menolak ikut berdemo.

Kericuhan terjadi saat sebagian buruh yang berencana berdemo ke Medan, melakukan penyisiran ke sejumlah pabrik. Antara lain ke PT Dow Agro Science, PT Enseval Megatrading dan PT Wicaksana Overseas. Mereka mengajak buruh-buruh yang lain untuk ikut serta. Rencananya aksi besar akan dilakukan di Gedung DPRD Sumut.

Tindakan penyisiran yang dilakukan massa itu, terutama di kawasan Kecamatan Tanjung Morawa dan Batang Kuis, mendapat perlawanan dari buruh lainnya yang tidak ingin ikut berdemo. Sempat terjadi adu jotos, tetapi tidak sampai menimbulkan korban luka.

Kericuhan berakhir setelah sebagian buruh yang tengah bekerja, diizinkan ikut serta berdemo. Bergabung bersama dalam iring-iringan sepeda motor dan angkutan umum menuju Medan yang terpaut sekitar 30 kilometer.

Pada Senin siang, sebagian massa buruh dari Deli Serdang tersebut sudah tiba di kawasan Gedung DPRD Sumut, Jl. Imam Boniol, Medan. Bergabung bersama ratusan massa pendemo lainnya.

\\\"Hidup buruh!\\\" teriak mereka begitu tiba di Gedung DPRD Sumut.




(rul/nrl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed