DetikNews
Senin 12 Maret 2012, 17:45 WIB

Menag: Penyatuan Zona Waktu Tak Pengaruhi Jadwal Salat

- detikNews
Menag: Penyatuan Zona Waktu Tak Pengaruhi Jadwal Salat
Jakarta - Penerapan penyatuan zona waktu buat Indonesia, diyakini tidak akan berpengaruh terhadap jadwal salat. Sebab tibanya waktu salat tidak ditentukan oleh jam yang berlaku.

\\\"Waktu salat ditentukan matahari. Jadi akan tetap sama,\\\" kata Menteri Agama, Suryadharma Ali, di VVIP Room, Jakarta Convention Centre (JCC), Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin (12\/3\/2012).

Sebagai ilustrasi penjelasannya, dia mengandaikan Waktu Indonesia bagian Barat (WIB) yang jadi patokan tunggal kelak. Bila saat subuh di Jakarta jatuh pada pukul 05.00, maka tidak lantas berarti di Jayapura juga pada waktu yang sama.

\\\"Karena di sana 2 jam lebih awal, ya subuhnya pukul 03.00 waktu setempat,\\\" urainya.

Suryadharma menegaskan, di belahan bumi manapun jadwal salat tidak akan sama. Penyebabnya adalah posisi lokasi bersangkutan yang berbeda akan membuat datangnya sinar matahari yang jadi patokan juga akan berbeda.

\\\"Di Arab itu maghrib bisa pukul 20.00 (8 malam) lho,\\\" imbuhnya.

Wacana penyatuan zona waktu di Indonesia dilontarkan kalangan bisnis. Alasannya penyatuan zona waktu sebagaimana diterapkan di China akan membuat kegiatan bisnis lintas pulau menjadi lebih efisien.




(rmd/nvt)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed