detikNews
Kamis 16 Februari 2012, 06:06 WIB

Anis Matta: Pemerintah Harus Jamin Keselamatan Lalu Lintas!

- detikNews
Anis Matta: Pemerintah Harus Jamin Keselamatan Lalu Lintas!
Jakarta - Wakil Ketua DPR Anis Matta mendesak pemerintah menjamin keselamatan lalu lintas. Selama ini anggaran untuk menjamin keselamatan lalu lintas tak besar, padahal korban kecelakaan lalu lintas lebih tinggi dari korban terorisme.

\\\"Jumlah nyawa yang melayang karena kecelakaan lalu lintas jauh lebih banyak daripada nyawa yang melayang karena teroris. Sementara anggaran dan aparat yang disiapkan untuk penanganan teroris jauh lebih besar,\\\" kritik Anis Matta.

Hal ini disampaikan Anis Matta menanggapi maraknya kecelakaan lalu lintas yang tidak diimbangi oleh upaya pemerintah menjamin keselamatan warganya. Hal ini disampaikan Anis kepada detikcom, Kamis (16\/2\/2012).

Selama ini, menurut Anis, pemerintah fokus sekali memberantas terorisme. Anggaran yang digelontorkan pun terbilang besar. Sementar untuk keselamatan masyarakat di jalan raya, pemerintah tidak memberikan perhatian serupa.

\\\"Penanganan teroris lebih berorientasi pada penguatan invesment security karena dilakukan untuk menjaga citra kita sebagai negara yang aman. Sementara penanganan kecelakaan lalu lintas sebenarnya terkait dengan masalah yang sangat mendasar yaitu human security. Secara kasat mata ketimpangan ini berarti bahwa negara lebih mendahulukan perlindungan bisnis ketimbang perlindungan nyawa warganya,\\\"papar Anis.

Anis berharap pemerintah mulai memikirkan keamanan warganya. Segera mengatur otorotas yang diarahkan untuk menjamin keselamatan trasportasi Tanah Air.

\\\"Bukan hanya itu, human security bahkan tidak masuk dalam wilayah perhatian pemerintah. Pemerintah harus menyelesaikan persoalan pembagian otoritas antara kepolisian dan departemen perhubungan dalam masalah lalu lintas,\\\"tandasnya.




(van/fiq)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com