DetikNews
Sabtu 14 Januari 2012, 01:30 WIB

MK Putus Sengketa Pemilukada Pekanbaru, Jago Demokrat Menang

- detikNews
Pekanbaru - Mahkamah Konstitusi memutuskan sengketa Pemilukada Pekanbaru. Pasangan calon walikota Firdaus MT dengan Ayat Cahyadi yang disebut PAS dimenangkan oleh MK. Gubernur Riau minta semua pihak menghormati keputusan itu.

MK memutus sengketa itu pada Jumat 13 Januari kemarin. Pasangan Firdaus MT dengan Ayat Cahyadi bersengketa dengan pasangan Septina Primawati dengan Erizal Muluk dari Partai Golkar.
.
Gubernur Riau (Gubri) Rusli Zainal menyatakan siap untuk segera melantik Firdaus dan Ayat Cahyadi sebagai Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru terpilih periode 2012-2017.

\\\"Allhamdulilah, telah sama-sama kita ketahui hasilnya. MK telah memutuskan dan menetapkan pasangan PAS sebagai Walikota dan Wakil Walikota terpilih. Saya mengucapkan selamat kepada Firdaus dan Ayat,\\\" kata Gubri dalam siaran persnya yang diterima detikcom, Jumat (13\/1\/2012).

Gubri berharap, situasi kota Pekanbaru yang sempat memanas, bisa kembali tenang. Dimana sempat terjadi berbagai aksi demonstrasi dan juga aksi teror. Gubri memastikan, akan segera melantik PAS agar pemerintahan di kota Pekanbaru segera berjalan dengan baik.

\\\"Itu sudah menjadi kewajiban saya selaku Gubernur. Tentu saya siap untuk segera melantik sesuai dengan amar putusan MK hari ini,\\\" katanya.

Menurutnya, rakyat Pekanbaru sudah menentukan pilihan dan itu wajib dihormati. Apalagi telah dikuatkan dengan putusan MK.

Sementara proses panjang Pilkada kota Pekanbaru, menurutnya adalah dinamika dalam
berdemokrasi dan telah berjalan sesuai dengan ketentuan hukum yang ada.

\\\"Baik sebagai Gubernur Riau dan juga pribadi, saya kembali mengucapkan selamat kepada PAS yang telah ditetapkan MK hari ini. Semua yang dilalui, proses yang panjang ini, adalah pendidikan juga bagi masyarakat kita dalam dinamika berdemokrasi,\\\" kata Rusli.

Sebagaimana diketahui, sekalipun Firdaus MT dinyatakan sebagai pemenang Pemilukada, saat ini jago Demokrat itu berstatus tersangka. Firdaus tersangka kasus penipuan ke publik karena tidak mencantumkan nama istri keduanya yang ada di Jakarta. Firdaus tidak mengakui adanya pernikahan dengan istri mudanya termasuk tidak mengakui ketiga anaknya di Jakarta.

Kasus ini pun ditangani Polresta Pekanbaru. Dengan berbagai bukti yang kuat, akhirnya polisi menetapkan Firdaus sebagai tersangka penipuan dokumen kepada negara.

Firdaus MT sendiri masih bertatus PNS di jajaran Pemprov Riau. Kasus penipuan Firdaus saat ini sudah dilimpahkan Polresta Pekanbaru ke kejaksaan untuk segera disidang. Namun sejauh ini Firdaus tetap membantah dan tidak mengakui adanya istri keduanya yang mantan pramugari itu berserta anak-anaknya di Jakarta.

Sekalipun Firdaus membantah, namun berbagai bukti kuat pernikahan kedua tanpa restu istri pertamanya itu sudah ada pada pihak kepolisian. Itu sebabnya polisi menetapkan Firdaus sebagai tersangka.

Gubernur Riau sendiri, pernah menyatakan, bahwa Firdaus MT memang sudah menikah yang kedua kalinya. Pernikahan itu malah disaksikan langsung oleh ponakan Gubernur Riau.




(cha/did)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed