DetikNews
Selasa 10 Januari 2012, 11:48 WIB

SBY Lantik Albert Hasibuan Jadi Wantimpres Gantikan Jimly

- detikNews
SBY Lantik Albert Hasibuan Jadi Wantimpres Gantikan Jimly
Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hari ini mengambil sumpah dan jabatan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) yang baru, Albert Hasibuan. Advokat senior ini didaulat menggantikan Jimly Asshiddiqie yang mengundurkan diri.

Pelantikan dilakukan oleh Presiden SBY di Istana Negara, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (10\/1\/2012) pukul 11.00 WIB. Dalam acara pelantikan ini Jimly tidak terlihat hadir. Padahal beberapa anggota Wantimpres seperti Siti Fadilah Supari, Hassan Wirajuda dan Meutia Hatta tampak hadir.

Pelantikan ini juga dihadiri para pejabat negara seperti Wapres Boediono dan istri, Herawati, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Kesra Agung Laksono, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Kapolri Jenderal Timur Pradopo dan beberapa menteri di Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II lainnya.

Posisi Wantimpres bidang hukum sebelumnya ditempati oleh Jimly Asshiddiqie, yang mengundurkan diri karena menjajal seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Juni 2011.

Albert dikenal banyak menggumuli sejumlah profesi, yakni mulai dari dosen, advokat dan pemimpin redaksi surat kabar. Mantan Ketua Komnas HAM ini juga salah satu tokoh yang membidani lahirnya Partai Amanat Nasional (PAN), tempat anaknya, Bara Hasibuan, sekarang bernaung.

Dengan masuknya Albert, maka lengkap sudah formasi 9 anggota Wantimpres di periode jabatan kedua Presiden SBY ini. Mereka adalah Emil Salim (Ketua), Ma\\\'ruf Amin, Meutia Hatta, Ginandjar Kartasasmita, Widodo Adi Sutjipto, Siti Fadilah, Ryaas Rasyid, Albert Hasibuan dan Hassan Wirajuda.




(nwk/vta)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed