DetikNews
Sabtu 31 Desember 2011, 09:20 WIB

Sambut Tahun Baru, Solo Berlakukan Car Free Night

- detikNews
Solo - Setelah sukses melaksanakan car free day (CFD) setiap Minggu pagi, nanti malam Pemkot Surakarta akan menggelar car free night (CFN). Sepanjang 4,2 kilometer ruas jalan Slamet Riyadi, jalan utama di Solo, akan bebas dari kendaraan bermotor. Momen ini diadakan khusus untuk menyambut malam Tahun Baru.

CFN akan diberlakukan di ruas Jalan Slamet Riyadi mulai dari bundaran Purwosari hingga bundaran Gladag. Ruas jalan tersebut akan steril mulai pukul 21.00 WIB pada Sabtu, 31 Desember 2011, hingga pukul 01.00 WIB pada hari Minggu, 1 Januari 2012.

Untuk pelaksanaan di ruas jalan tersebut, Pemkot menyediakan akses jalan crossing bagi kendaraan bermotor di perempatan Gendengan dan perempatan Ngapeman. Sementara itu sepanjang malam nanti terdapat 15 ruas jalan yang akan dialihkan. Sedangkan di sepanjang area CFN disediakan tidak kurang dari 32 kantong parkir.

Untuk menciptakan kenyamanan pengunjung CFN, Polesta Surakarta juga akan menggelar pengamanan khusus dengan menerjunkan sekitar 200 personel berpatroli keliling areal CFN menggunakan sepeda kayuh sepanjang pelaksanaan acara.

Tak cukup itu, Pemkot Surakarta juga telah meyiapkan berbagai keramaian untuk memeriahkan CFN. Ada atraksi seni dari etnis Tionghoa di perempatan Solo Center Poin, ada pergelaran live musik rock dan jazz di depan Solo Grand Mall, tari-tarian tradisional di depan rumah dinas walikota, ada pula pergelaran musik religi di depan Wuryoningratan.

Di titik sekitar kawasan Timuran akan digelar pementasan karawitan Jawa dari berbagai kelompok, di persimpangan Nagrsopuro akan digelar musik keroncong dan musik perkusi. Di titik ini pula direncakana Walikota Solo akan menyalakan kembang api pergantian tahun. Sedangkan di kawasan Gladag akan digelar pementasan wayang kulit.

CFN ini diyakini baru pertamakali diadakan di tanah air. Selama ini warga Kota Solo sudah cukup akrab dengan pelaksanaan CFD yang selalu diadakan di setiap Minggu pagi hingga siang di ruaa Jalan Slamet Riyadi dan ruas Jalan Juanda.

Mari datang ke Solo, kota the spirit of Java, untuk menikmati malam tahun baru yang berbeda...




(mbr/mok)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed