DetikNews
Selasa 18 Oktober 2011, 10:55 WIB

SBY-Boediono Hadiri Panggih Pengantin Putri Sultan HB X

- detikNews
SBY-Boediono Hadiri Panggih Pengantin Putri Sultan HB X
Yogyakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) beserta istri Ani Yudhoyono, Wapres Boediono bersama istri Herawati menghadiri acara panggih pengantin GKR Bendara-KPH Yudanegara. Acara panggih pengantin digelar di emper Bangsal Kencana Keraton.

Sebelum presiden dan wakil presiden hadir, Sri Sultan Hamengkubuwono X dan GKR Hemas bersama adik-adik Sultan menunggu di emper Bangsal Kencana sebelah utara. Saat Sultan dan GKR Hemas tiba semua gamelan yang ada di keraton dibunyikan bersamaan. Gendhing atau lagu yang dibawakan adalah \\\"kodok ngorek\\\".

Wapres bersama istri tiba di keraton, Selasa (18\/10\/2011) pukul 09.40 WIB. Sultan dan GKR Hemas langsung menyambutnya dengan berjabat tangan dan mempersilakan duduk di kursi VVIP yang telah di sediakan. Sekitar 20 menit kemudian, Presiden SBY bersama Ani Yudhoyono hadir.

Setelah SBY duduk, acara panggih dimulai dengan hadirnya kedua pengantin. Rombongan pengantin pria didampingi utusan Sultan, GBPH Prabukusumo. Sedang pengantin putri didampingi GKR Pembayun menuju tempat panggih yang ada di depan Sultan.

Kedua mempelai mengenakan busana paes ageng Yogyakarta. Pengantin pria KPH Yudanegara datang dari arah timur dari bangsal Kesatriyan. Sedangan GKR Bendara tiba dari utara bangsal kencana.

Acara panggih dimulai dengan pengantin putri membasuh telapak kaki pengantin pria. Setelah itu dilanjutkan acara pondhongan yakni pengantin putri dipondhong oleh Yudanegara dan adik Sultan GBPH Suryodiningrat.

Usai acara pondhongan presiden dan wapres kemudian memberikan ucapan selamat kepada kedua mempelai.

Beberapa tamu yang hadir dalam acara panggih di antaranya Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Akbar Tanjung, mantan Wapres Jusuf Kalla, Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Agum Gumelar, pakar ekonomi pertanian HS Dilon, anggota DPR RI Ganjar Pranowo, Sri Edi Swasono, Meutia Hatta, Emil Salim, dan sebagainya.




(bgs/nwk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed