DetikNews
Senin 02 Mei 2011, 16:45 WIB

TNI Serang Perompak Setelah Bayar Tebusan Direncanakan Sejak 13 April

- detikNews
Jakarta - TNI menembak mati 4 perompak Somalia setelah anak buah kapal (ABK) MV Sinar Kudus dibebaskan. Menyerang perompak setelah membayar tebusan ternyata telah direncanakan oleh TNI sejak tanggal 13 April lalu.

\\\"Pada saat perencanaan itu pada tanggal 13 April, sudah ada rencana penindakan. Yaitu yang pertama pelaksanaan tebusan, harus dipastikan keselamatan ABK KM Sinar Kudus. Yang kedua pada saat pelepasan, akan dilaksanakan tindakan militer terhadap perompak,\\\" ujar Panglima TNI, Laksamana TNI Agus Suhartono kepada wartawan saat konferensi pers di Puspen Mabes TMI, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (2\/5\/2011).

Agus bercerita, setelah tebusan diberikan, memang telah direncanakan akan mengejar perompak bila pasukan yakin kalau ABK KM Sinar Kudus telah aman. Saat perompak terakhir turun dari kapal KM Sinar Kudus, pasukan TNI langsung melakukan pengejaran.

\\\"Pada saat kita yakin, anak buah 4 pembajak yang terakhir turun dari KM Sinar Kudus lalu kita kejar. Dan pada saat itu, mereka melihat dan mereka akhirnya melawan. Tidak ada pilihan lain selain baku tembak,\\\" terang Agus.

Agus mengatakan, mayat 4 pembajak yang kena tembak semuanya jatuh ke laut. Sementara anggota TNI tidak ada yang terluka.

\\\"Hanya speedboat mereka yang berhasil diselamatkan dan dinaikkan di kapal untuk dibawa ke Indonesia,\\\" jelasnya.


(feb/gun)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed