DetikNews
Senin 25 April 2011, 16:35 WIB

Nasdem dan Partainya Tommy Soeharto Daftar Jadi Parpol

- detikNews
Nasdem dan Partainya Tommy Soeharto Daftar Jadi Parpol
Jakarta - Nasional Demokrat (Nasdem) pimpinan Surya Paloh dan Nasional Republik (Nasrep) yang dikenal sebagai kendaraannya Tommy Soeharto resmi mendaftarkan diri menjadi partai politik. Keduanya mendaftar di Kemenkumhan hari ini.

\\\"Sudah tiga partai mendaftar. Tiga partai itu adalah Nasional Demokrat, Nasional Republik, dan Partai Persatuan Nasional,\\\" ujar Direktur Tata Negara Kemenkum HAM, Asyari Syihabuddin, kepada wartawan, Senin (25\/4\/2011).

Pihak Kemenkum sudah meminta agar Nasdem dan Nasrep segera diminta melengkapi berkasnya. Nantinya pihak Kemenkum segera melakukan verifikasi parpol.

\\\"Proses mereka harus melengkapi persayaratan sesuai UU paling lambat 22 Agustus 2011. Mereka akan mengikuti tahap verifikasi parpol bulan agustus 2011 nanti,\\\" tuturnya.

Akhir pendaftaran partai baru yaitu tanggal 22 Agustus 2011. Proses verifikasi partai politik peserta Pemilu 2014 akan dilaksanakan pada dua hari berikutnya.

Status badan hukum diberikan kepada partai politik apabila memenuhi persyaratan kepengurusan di 60 persen dari jumlah provinsi. Selain itu partai harus memiliki separuh kepengurusan di kabupaten\/kota dalam provinsi, dan seperempat kepengurusan tingkat kecamatan dalam kabupaten\/kota.




(van/ndr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed