DetikNews
Sabtu 19 Maret 2011, 21:03 WIB

Pilkada Sragen, Calon PDIP Tersungkur di Kandang Banteng

- detikNews
Sragen - Pasangan Agus Fatchurrahman-Daryono berhasil menekuk pasangan Kusnidar Yuni Untung Sukowati-Darmawan Minto Basuki yang diajukan oleh PDIP. Putri bupati Sragen, Untung Wiyono tersebut, kalah di salah satu daerah basis utama partainya.

Pilkada Sragen digelar hari ini, Sabtu (19\/3\/2011), diikuti lima pasangan, Wiyono-Dariyanto (Gerindra, PPRN dan 16 partai nonparlemen), Sularno-Kushardjono (independen), Danang Wijaya-Sumiyarno (independen), Yuni-Darmawan (PDIP, didukung Partai Demokrat, PKS, PKB PR) dan Agus-Daryono (Partai Golkar, PAN, dan PPP).

Kusdinar Yuni adalah anggota DPRD Kabupaten Sragen dari F-PDIP, yang juga putri Bupati Sragen Untung Wiyono. Sedangkan Darmawan Minto Basuki adalah Sekda Kabupaten Sragen. Sementara Agus Fatchurrahman adalah wakil bupati Sragen dan pasagannya, Daryono, adalah seorang pegusaha swasta.

Di luar dugaan dukungan partai-partai besar untuk Yuni-Darmawan tidak membuahkan hasil siginifikan. Padahal di DPRD Sragen, PDIP menguasai 17 kursi, Demokrat 7 kursi, PKB 5 kursi, dan PKS 4 kursi. Sedangkan Agus-Daryono hanya didukung Partai Golkar dengan 6 kursi, PAN kursi, dan PPP 1 kursi.

Dari suara yang masuk di KPU Kabupaten Sragen, Sabtu malam, Wiyono-Dariyanto memperoleh 1,98 persen suara, Sularno-Kushardjono memperoleh 0,98 persen, Danang Wijaya-Sumiyarno memperoleh 1,96 persen, Yuni-Darmawan memperoleh 43,21 persen, Agus-Daryono memperoleh 51,87 persen suara.

\\\"Suara yang telah masuk berasal seluruh kecamatan di Sragen yang berjumlah 20 kecamatan. Suara yang masuk sekitar 10 persen dari seluruh suara pemilih. Kami belum bisa memperkirakan perolehan suara final. Sedangkan rekap suara manual akan kami lakukan Selasa mendatang,\\\" ujar anggota KPU Sragen Fadhil Mansyuruddin.

Sedangkan penghitungan cepat yang dilakukan tim sukses Agus-Daryono menyebutkan pasangan tersebut memperoleh 163.161 suara (52,95 persen), Yuni-Darmawan 126.451 (41,03 persen), Wiyono-Dariyanto 8.548 suara (2,77 persen), Danang-Sumiyarno 6.727 suara (2,18 persen), Sularno-Kushardjono 3.277 suara (1,06 persen).

Penghitungan tersebut berdasarkan suara sah yang dikumpulkan dari seluruh saksi d TPS, yang terkumpul hingga pukul 17.00 WIB. Berdasarkan penghitungan tersebut tim Agus-Daryono sudah hampir memastikan bakal memenangkan Pilkada Sragen meskipun penghitungan secara keseluruhan belum selesai.

\\\"Sejujurnya saya harus bangga dan wajib berterima kasih telah mendapat dukungan kepercayaan sedemikian banyak dari warga Sragen. Tapi penghitungan belum selesai. Kami masih harus mengawal semua tahapan Pilkada ini hingga tuntas,\\\" ujar Agus Fatchurrahman saat dihubungi, Sabtu malam.




(mbr/her)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed