DetikNews
Senin 28 Februari 2011, 13:18 WIB

TNI AD Berangkatkan Tim Peneliti Ekspedisi Bukit Barisan

- detikNews
Jakarta - TNI AD memberangkatan tim Ekspedisi Bukit Barisan. Tim yang merupakan gabungan peneliti, pendaki gunung dan TNI AD ini bertujuan meneliti dan mengumpulkan sampel kekayaan flora dan fauna di areal Pegunungan Bukit Barisan, Sumatera.

\\\"Tim ini akan melakukan pendataan flora fauna dan keanekaragaman hayati di Bukit Barisan. Harus kita akui selama ini belum terdata dengan baik,\\\" ujar Wakasad Letjen TNI Suryo Prabowo saat upacara pemberangkatan di Mabes TNI AD, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Senin (28\/2\/2011).

Para peneliti juga akan meneliti masalah sosial di sekitar Pegunungan Bukit Barisan. Mencari tahu akar permasalahan kerusakan lingkungan di daerah tersebut. Ada juga peneliti arkeologi yang akan melacak jejak-jejak sejarah di sana. Selain itu penelitian potensi bencana juga dilakukan.

\\\"Kalau TNI hanya mengawal. Memberikan rasa aman bagi para peneliti. Termasuk mengakomodir keinginan para peneliti, misalnya ada yang membutuhkan helikopter untuk mengambil sampel,\\\" terang Suryo.

Para peneliti berasal dari LIPI, ITB, UI, Undip dan UGM. Selain itu dilibatkan juga organisasi pecinta alam Wanadri dan PMI. Sedangkan personel TNI yang dilibatkan berasal dari Kopassus dan Kostrad sejumlah 447 orang. Total ada 762 orang yang mengikuti ekspedisi selama 6 bulan ini.
 
Tim ekspedisi akan melakukan penjelajahan di Gunung Leuser (Aceh), Sinabung (Sumut), Singgalang (Sumbar), Kerinci (Jambi), Seublat (Bengkulu), Dempo (Sulsel) dan Tanggamus (Lampung). Diharapkan data-data lengkap soal Bukit Barisan ini akan memperkaya ilmu pengetahuan di Indonesia.

\\\"Nanti data hasil ekspedisi ini akan diserahkan pada pemerintah,\\\" jelas jenderal bintang tiga ini.




(rdf/anw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed