DetikNews
Senin 07 Desember 2009, 15:45 WIB

Pintu Air Waduk Pluit Dibangun untuk Tangkal Banjir

- detikNews
Jakarta - Pembangunan pintu air waduk Pluit yang menjadi akses air teluk Jakarta ke daratan masih terus dikebut. Dengan pembangunan itu, banjir yang biasanya menggenangi di sekitar Pluit dan Penjaringan diharapkan akan berkurang.

\\\"Kalau pompa air sudah ada. Ini untuk pintu air, untuk mengontrol debit air dan sampah yang keluar masuk,\\\" kata salah satu mandor, Anton, saat mengawasi pembangunan pintu air itu di Muara Baru RT 20\/17 Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (7\/12\/2009).

Sedikitnya 30 pekerja tengah mengerjakan konstruksi pintu air. Batangan-batangan beton dipancang untuk menjadi pondasi penopang bangunan. Sementara mesin penyedot air memuntahkan air bergalon-galon supaya kontruksi tidak tenggelam.

\\\"Awal tahun sudah selesailah,\\\" ucapnya.

Waduk Pluit merupakan penampungan air terakhir untuk sisi utara Jakarta bagian barat. Waduk dari danau alami (setu) itu kini mulai memprihatinkan. Pendangkalan dan enceng gondok memenuhi sebagian besar waduk. Sementara bangunan liar untuk gubuk rumah tinggal terus dibangun dan makin membuat sempit waduk tersebut.




(Ari/mok)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed