DetikNews
Selasa 11 Agustus 2009, 23:01 WIB

Slank, Denny JA, dan ICW Dianugerahi \'Civil Society Award 2009\'

- detikNews
Slank, Denny JA, dan ICW Dianugerahi \Civil Society Award 2009\
Jakarta - Grup musik Slank, Direktur Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, dan Indonesian Corruption Watch (ICW) dianugerahi \\\'Civil Society Award\\\' oleh majalah Forum Keadilan. Alasannya, ketiga pihak ini dinilai sebagai inovator pengembangan budaya, politik, dan pemberantasan korupsi.

Ketiganya dianugerahi Civil Society Award 2009 di Gedung Perpustakaan Nasional, Jl Salemba Raya, Salemba, Jakarta Pusat, Selasa (11\/8\/2009).

Dalam acara itu, Slank menerima penghargaan kategori budaya, Denny JA penghargaan untuk kategori politik, dan ICW menerima penghargaan kategori hukum. Penghargaan award sendiri langsung diserahkan oleh Pemimpin redaksi dan Penanggungjawab Forum Keadilan, Priyono B Sumbogo.

\\\"Alhamdulillah. Ini bukan penghargaan kepada diri saya sendiri, tapi untuk tradisi baru, yaitu peran riset ilmiah dalam politik praktis,\\\" kata Denny JA.

Menurut Denny, tradisi baru ini semakin berperannya konsultan politik dalam pemilu dan pilkada. \\\"Indonesia memasuki era baru. Suka atau tidak, peran opini publik akan semakin sentral. Saya dianggap berani mempopulerkan tradisi baru itu dengan seluruh resikonya,\\\" jelasnya.

Sementara itu, Pemimpi Redaksi Forum Keadilan Priyono B Sumbogo menjelaskan, pemberiaan award kepada ketiga tokoh dan lembaga ini untuk membangun tradisi sebagai bentuk apresiasi kepada elemen masyarakat yang sudah terbukti ikut berjuang membangun kultur baru demokrasi.

\\\"Ini merupakan salah satu bentuk penghargaan kami kepada mereka yang sudah ikut andil dalam membangun kultur baru demokrasi di negeri ini,\\\" ujarnya.

Priyono menambahkan, pemberian award ini juga sengaja dipilih pada saat momentum menjelang peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus 2009. Alasannya, proklamasi kemederkaan yang berhasil diraih bangsa Indonesia dengan darah dan air mata itu merupakan puncak perjuangan seluruh rakyat Indonesia.

Alasan Forum Keadilan memberikan penghargaan, lanjut Priyono, ICW dinilai sebagai salah satu elemen masyarakat yang cukup intens dan konsisten mengampanyekan perang melawan korupsi. Sementara, Denny JA dinilai sebagai sosok yang memiliki nyali untuk membawa tradisi baru dalam kancah demokrasi Indonesia dengan segala bentuk inovasi dan kontroversinya.

Sedangkan pilihan kepada Slank, menurut Priyono, antara lain juga karena gruk musik ini memiliki karakter mental yang bukan cuma berani dan bernyali tapi juga memiliki konsistensi untuk terus bersikap lantang tentang perdamaian, demokrasi, dan perang terhadap korupsi.




(zal/sho)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed