Gubernur Khofifah Nandur 1.500 Mangrove di Pantai Bohay Probolinggo

M Rofiq - detikNews
Minggu, 26 Des 2021 13:10 WIB
khofifah tanam mangrove
Khofifah tanam mangrove di Pantai Bohay Probolinggo (Foto: M Rofiq)
Probolinggo - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menanam bibit mangrove di Pantai Bohay Probolinggo. Kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi kerusakan ekosistem alam.

Dalam kegiatan dengan tema 'Nandur Mangrove' ini, Khofifah bersama rombongan menanam sebanyak Rp 1.500 bibit mangrove.

Khofifah mengatakan mangrove yang ditanam dampaknya tidak hanya untuk ekosistem saja sebagai penahan abrasi air laut , tetapi juga berdampak positif bagi nelayan. Karena dengan adanya mangrove, populasi ikan juga semakin bertambah

khofifah tanam mangroveFoto: M Rofiq

Khofifah mengajak semua elemen masyarakat pesisir serta pemerintah daerah terutama pesisir untuk terus gencar menanam mangrove melalui 'Nandur Mangrove'.

"Di samping menyelamatkan lingkungan dari ancaman abrasi dan perusakan alam. Penanaman mangrove secara masif ini juga memiliki potensi nilai ekonomis," ujar Khofifah.

Khofifah mengatakan penanaman mangrove yang dilakukannya bukan semata-mata karena ada evaluasi. Karena bagi Khofifah, menanam adalah sebuah tradisi di mana-mana bagi dirinya.

"Akan evaluasi bersama bagaimana sesungguhnya daya dukung alam dan ekosistem kita, termasuk adalah mangrove yang saat ini menjadi evaluasi dunia," tambah Khofifah.

Pegiat lingkungan Kabupaten Probolinggo Abdul Azis mengatakan sepanjang pesisir pantai di Kabupaten Probolinggo, dari Tongas hingga ke Paiton ada 62 kilometer yang telah dilakukan penanaman pohon mangrove yang memiliki lebar 50 meter.

"Banyak sekali manfaat tanam pohon mangrove. Karena di pantai khusus di wilayah Paiton, masih minim penanaman pohon mangrove," kata Azis. (iwd/iwd)