Gempa Darat M 3.2 Sempat Guncang Bojonegoro

Hilda Meilisa - detikNews
Rabu, 15 Des 2021 15:23 WIB
gempa darat bojonegoro
Foto: Tangkapan layar
Bojonegoro - Gempa bumi bermagnitudo 3,2 SR mengguncang Bojonegoro, Jawa Timur. Gempa yang terjadi pukul 11:45:50 WIB ini termasuk dalam gempa darat.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Tretes, Kabupaten Pasuruan, Djati Cipto Kuncoro mengatakan gempa ini merupakan gempa yang tidak dirasakan. Djati menyebut gempa ini termasuk gempa dangkal.

"Kalau dilihat dari petanya betul gempa darat dan termasuk gempa dangkal," kata Djati saat dikonfirmasi detikcom di Surabaya, Rabu (15/12/2021).

Djati memaparkan lokasi gempa berada di 7.05 Lintang Selatan (LS) dan 111.89 Bujur Timur (BT). Sedangkan gempa berada di 11 kilometer timur laut Bojonegoro. Sementara gempa ini terjadi di kedalaman 13 kilometer.

Meskipun terjadi di daratan, Djati menambahkan, gempa tidak dirasakan masyarakat karena tidak terjadi di wilayah yang padat penduduk.

"Hingga saat ini tidak ada info dirasakan. Bisa jadi di daratan, tetapi bukan di area padat penduduk. Tidak semua gempa darat direspons atau dirasakan oleh manusia, tetapi lebih direspons oleh sensor-sensor gempa BMKG yang terpasang di beberapa wilayah Jatim," pungkas Djati. (hil/iwd)