Sejumlah Desa di Lamongan Kebanjiran Akibat Luapan Sungai

Eko Sudjarwo - detikNews
Kamis, 09 Des 2021 13:46 WIB
banjir di lamongan
Luapan sungai akibat hujan deras banjiri sejumlah desa di Lamongan (Foto: Eko Sudjarwo)
Lamongan -

Hujan deras yang melanda Lamongan membuat sejumlah desa dilanda banjir. Banjir terjadi akibat meluapnya sungai yang tidak mampu menerima kiriman air dari hulu dan derasnya hujan.

Beberapa desa yang kebanjiran adalah Desa Kiringan dan Dusun Baru, Desa Kemlagi Lor di Kecamatan Turi. Selain itu, Desa Tiwet di Kecamatan Kalitengah yang berbatasan dengan Bengawan Jero dengan Desa Kiringan juga sudah mulai terkena luapan air Bengawan Jero, anak sungai Bengawan Solo.

Banjir ini mulai merendam jalan desa dan membuat aktivitas warga terganggu. Salah satu ruas jalan desa yang terkena banjir adalah jalan Desa Kiringan, tepatnya di sekitar Pasar Desa Kiringan yang mulai terendam banjir sejak Kamis pagi (8/12/2021). Jalan desa yang ada di Dusun Baru, Desa Kemlagi Lor juga serupa, jalan di desa ini mulai terkena imbas dari luapan air sungai yang tak mampu menampung tingginya air hujan dan kiriman air dari hulu.

"Sabtu kemarin sudah banjir tapi kemudian surut, terus pagi ini tadi (air) datang lagi," kata salah seorang warga yang tinggal di sekitar Pasar Kiringan Sri kepada wartawan, Kamis (09/12/2021).

Ketinggian air yang merendam jalan desa ini pun beragam antara 10-20 cm. Bahkan, ada beberapa ruas jalan desa yang ketinggian air banjirnya lebih dari 20 cm. Akibatnya, warga pun terpaksa melakukan mobilitas kesehariannya di tengah genangan air.

"Mau bagaimana lagi, kalau jalan kaki juga jauh, jadi ya terpaksa pakai motor di air banjir kalau mau kemana-mana," akunya.

Hal yang sama juga terjadi di Desa Tiwet yang masuk wilayah Kecamatan Kalitengah. Ruas jalan di desa ini juga sudah mulai ada yang terendam banjir dengan ketinggian air yang hampir sama dengan yang ada di Desa Kiringan.

"Sama kaya di Desa Kiringan, desa kami sebagian jalannya juga sudah mulai terkena banjir," terang Arif.

(iwd/iwd)