Meski PPKM Serentak Batal, Warga Surabaya Diimbau Tak Lebay Rayakan Nataru

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 22:33 WIB
PPKM level 3 Nataru dibatalkan. Meski begitu, Polrestabes Surabaya mengimbau masyarakat agar tidak melakukan perayaan Nataru secara berlebihan.
Kapolrestabes Surabaya Kombes Akhmad Yusep Gunawan/Foto: Deny Prastyo Utomo/detikcom
Surabaya -

PPKM level 3 Nataru dibatalkan. Meski begitu, Polrestabes Surabaya mengimbau masyarakat agar tidak melakukan perayaan Nataru secara berlebihan.

Pihak kepolisian bersama Pemkot Surabaya dan TNI telah melakukan rapat koordinasi, untuk mengawal penerapan PPKM level I di zona kuning saat pandemi ini.

Kapolrestabes Surabaya Kombes Akhmad Yusep Gunawan mengatakan, pihaknya bersama tiga pilar Kota Surabaya tetap mengawal dan mengantisipasi kegiatan masyarakat, yang berpotensi menimbulkan kerumunan saat Natal dan Tahun Baru.

Secara khusus, ibadah Natal di Gereja juga dilakukan dengan protokol kesehatan ketat dan pembatasan sesuai kesepakatan dengan para dewan gereja.

"Di Surabaya ada sekitar 60 gereja besar yang akan melakukan ibadah Natal, baik secara virtual maupun hadir di rumah ibadah. Namun demikian, kami bersama dewan gereja yang sudah menyepakati kuota jemaat yang datang melalui undangan barcode selain PeduliLindungi. Tempat duduk para jemaat juga disediakan sesuai dengan undangan yang diberikan pihak gereja," kata Yusep, Rabu (8/12/2021).

Polisi bakal memastikan jalannya ibadah Natal umat Kristiani berlangsung aman dan lancar. Baik dari gangguan aksi teror maupun kemungkinan transmisi virus COVID-19.

"Kami siapkan pengamanan secara berlapis. Baik di dalam gereja dan di luar gereja. Antara keamanan ibadah dan kesehatan masyarakat harus berjalan seiring," ungkap Yusep.