Warga Malang yang Viral Buta Usai Vaksinasi Didiagnosa Peradangan Saraf Mata

Muhammad Aminudin - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 07:54 WIB
RSSA Malang
Dokter RSSA Malang mendiagnosis Joko menderita peradangan saraf (Foto: Muhammad Aminudin)
Malang -

Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang buka suara soal warga yang diviralkan mengalami kebutaan usai vaksin AstraZeneca. Warga bernama Joko Santoso (38) tersebut sudah ditangani rawat inap selama 9 hari.

Dokter spesialis saraf konsultan sub spesialis neosarafasculer RSSA dr Rokhdiyan Rakhmatiar mengatakan awalnya pasien datang dengan keluhan tak bisa melihat. Selanjutnya, Joko menjalani serangkaian pemeriksaan laboratorium, mulai darah, MRI, dan MRA kepala.

Pemeriksaan ini untuk melihat kemungkinan adanya penyumbatan atau pembekuan terhadap pembuluh darah atau saraf yang mengarah ke mata.

"Hasil pemeriksaan laboratorium darah, kepala itu tidak didapatkan tanda-tanda yang mengarah ke pembekuan, atau penyumbatan pembuluh darah otak yang mengarah ke mata," kata Rokhdiyan di RSSA, Rabu (8/12/2021).

Dari hasil pemeriksaan disepakati hilangnya penglihatan mata Joko bukan karena adanya penyumbatan darah pada mata sebagaimana kasus gejala pasca-vaksin Astrazeneca. Tetapi tim dokter akhirnya mendiagnosa Joko menderita peradangan pada saraf mata.

"Lebih pada kasus peradangan pada saraf mata. Pasien merespons dengan terapi ada perbaikan. Kemudian saat rawat jalan kita evaluasi kembali dari hasil MRI ulang hasilnya sama, tidak didapatkan tanda-tanda penyempitan darah," ungkapnya.

Menurut Rokhdiyan, pemeriksaan dilakukan untuk memastikan penyebab pembekuan darah. Tetapi ketika pasien diberikan pengobatan dan terapi anti radang, justru memberikan respons positif, sehingga didiagnosa memang terjadi peradangan saraf mata.

Dokter spesialis mata konsultan sub spesialis neurooctamologi dr Wino Vrieda mengatakan selama dirawat inap sembilan hari di RSSA, serangkaian pemeriksaan dan terapi dilakukan kepada warga Kelurahan Arjowinangun ini. Dan hasilnya memang cukup positif, dimana perlahan penglihatan Joko kembali pulih meski belum total.

Simak Video 'Begini Kondisi Warga Malang yang Diviralkan Buta Usai Vaksinasi':

[Gambas:Video 20detik]