Ini Polisi yang Aksi Heroik Saat Detik-detik Erupsi Semeru

Amir Baihaqi - detikNews
Selasa, 07 Des 2021 17:42 WIB
Beredar video aksi heroik polisi mengimbau truk-truk penambang pasir untuk meninggalkan lokasi, saat erupsi Semeru terjadi. Ia yakni anggota Polsek Candipuro, Briptu Ismail.
Anggota Polsek Candipuro, Briptu Ismail (kanan)/Foto: Istimewa
Surabaya -

Beredar video aksi heroik polisi mengimbau truk-truk penambang pasir untuk meninggalkan lokasi, saat erupsi Semeru terjadi. Ia yakni anggota Polsek Candipuro, Briptu Ismail.

Dalam video berdurasi 2 menit 50 detik itu, tampak Ismail mencoba mengimbau masyarakat dan para sopir truk penambang pasir, untuk segera keluar dari lokasi. Atas aksi Ismail itu, seluruh sopir dan masyarakat di lokasi dinyatakan selamat.

Saat dikonfirmasi, Ismail membenarkan bahwa sosok yang ada di video itu merupakan dirinya. Ia menuturkan, saat itu tengah berpatroli setelah mendapat kabar dari Kapolsek Candipuro AKP Sajito, ada peningkatan debit air di sekitar Gunung Semeru.

Mendapat info itu, ia kemudian berangkat ke lokasi dengan Bripda Adri Amor, dengan menggunakan mobil patroli. Namun alangkah terkejutnya dia, karena di lokasi ternyata masih banyak masyarakat dan penambang pasir. Padahal di depan mata sudah tampak guguran awan panas Gunung Semeru.

"Iya benar. Saat itu, kejadiannya sekitar pukul 14.00 WIB. Saya Briptu Ismail dan Bripda Adri Amor mendapat info dari Bapak Kapolsek bahwa ada peningkatan debit air dari pusat pemantauan sungai," tutur Ismail kepada detikcom, Selasa (7/12/2021).

"Kemudian sekitar 14.15 saya merapat ke Desa Sumberwuluh, Candipuro untuk mengimbau masyarakat yang masih beraktivitas mencari pasir," imbuhnya.

Menurut Ismail, masih banyaknya masyarakat dan aktivitas penambang karena mereka belum menyadari akan terjadi erupsi. Untuk itu, ia langsung berteriak mengimbau agar segera meninggalkan lokasi.

"Waktu itu masih belum tampak. Saya kira awan itu masih jauh ternyata selang beberapa menit sudah sampai di lokasi saya. Dan saya langsung mengimbau masyarakat. Sebetulnya saya juga tidak tahu kalau sudah ada letusan," terang Ismail.

Simak Video: Moeldoko Kirim Bantuan 5.000 Makanan Siap Saji Buat Korban Erupsi Semeru

[Gambas:Video 20detik]