Rumini Pilih Temani Ibu Saat Erupsi Semeru hingga Keduanya Tewas Berpelukan

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 07 Des 2021 14:08 WIB
Erupsi Gunung Semeru pada Sabtu (4/12) merenggut puluhan nyawa. Dalam evakuasi pada Minggu (5/12), ditemukan jenazah seorang anak dan ibunya dalam posisi berpelukan.
Ibu-anak ditemukan berpelukan tertimbun abu vulkanik (Foto: Dok. relawan Garda Pemuda Baret Nasdem Jember)
Surabaya -

Rumini (28) dan ibunya Salamah (70) ditemukan meninggal dunia dalam kondisi berpelukan. Mereka merupakan korban erupsi Gunung Semeru pada Sabtu (4/12).

Rumini yang memilih menemani ibunya saat erupsi terjadi, menyisakan rasa haru di masyarakat. Rumini tetap menemani ibunya yang tak sanggup berjalan karena faktor usia.

Saat erupsi Gunung Semeru terjadi, warga saling berhamburan keluar rumah menyelamatkan diri. Rumini bisa saja lari dan menyelamatkan diri saat itu.

Namun hati kecil Rumini berat meninggalkan sang ibunda sendirian di rumah. Warga Desa Curah Kobokan, Kecamatan Candipuro, Lumajang ini tetap berada di dalam rumah saat erupsi terjadi. Rumini memeluk ibunya hingga keduanya ditemukan meninggal dunia.

Pada Minggu (5/12) saat proses evakuasi, tim relawan menemukan jenazah Rumini dan Salamah di dapur. korban tertimbun pasir vulkanik setebal kurang lebih 2 meter.

"Pagi kan saya cari kakak ipar sama ponakanku. Pas bongkar rontokan tembok dapur terus tangannya kelihatan dan langsung kami bersihkan dan dibawa ke rumah untuk dimakamkan," kata Adik Ipar Salamah, Legiman, Selasa (7/12/2021).

"Suami Rumini dan anaknya selamat. Mereka sekarang dirawat di Puskesmas," ujarnya.

Kisah Rumini memilih menemani dan memeluk ibunya saat erupsi Gunung Semeru, membuat banyak orang terharu. Bahkan di media sosial ramai soal kisah Rumini. Banyak warganet yang mendoakan Rumini dan Salamah.

"gw tdi pagi baca beritanya terharu bgt, rumini ini klo dia lari sebenarnya bisa aja tpi dia ga tega ngeliat ibunya kudu lari2 trus jg ibunya memang udah gabisa jalan, surga untuk mereka berdua," tulis akun Twitter @chisyung.

Lihat Video: Momen Jokowi Tinjau Lokasi Terdampak Erupsi Semeru

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)