Aksi Heroik Pak Yit Selamatkan Pengendara Motor dari Terjangan Kereta Api

Muhammad Aminudin - detikNews
Selasa, 07 Des 2021 13:38 WIB
pak yit
Pak Yit saat mencegah pengendara motor menerobos saat kereta api lewat (Foto: Tangkapan layar)
Malang -

Aksi heroik seorang penjaga palang pintu rel kereta api ramai diperbincangkan di media sosial. Aksi penjaga palang pintu itu menyelamatkan pengendara motor yang nekat menerobos perlintasan tanpa palang pintu.

Dari penelusuran detikcom, penjaga perlintasan kereta api itu adalah Agus Suyitno (61). Pria yang akrab dipanggi Pak Yit ini sehari-harinya bertugas di perlintasan kereta api Jalan Kuncoro, Desa Sambigede, Sumberpucung, Kabupaten Malang.

Pak Yit mengaku peristiwa yang terekam video dan viral itu terjadi pada Senin (6/12), sekitar pukul 16.00 WIB. Saat itu akan melintas kereta api dari arah Blitar menuju Malang.

Pak Yit sebelumnya telah menutup palang pintu di sisi selatan rel kereta. Sementara dirinya berdiri di sisi utara rel untuk menghalau pengendara yang akan melintas.

pak yitAgus Suyitno alias Pak Yit (Foto: Muhammad Aminudin)

"Tiba-tiba anak itu mau lewat dari arah barat (Blitar), untung bisa saya hentikan. Karena kereta berjarak kurang dari 100 meter dari perlintasan," tutur Pak Yit ditemui detikcom di lokasi, Selasa (7/12/2021).

Apa yang dilakukan gadis perempuan mengendarai motor berboncengan tersebut, cukup membuat geram Suyitno. Niat hati mau marah, tetapi karena dihadapi anak perempuan, Suyitno hanya bisa bergumam.

"Maunya marah, kok ceroboh begitu. Padahal nyawa jadi taruhannya. Tapi kasihan saya itu anak-anak perempuan. Cuma saya nasehati agar tidak mengulangi," kata bapak tiga anak ini.

Karena merasa sudah diselamatkan oleh Suyitno, gadis yang juga warga desa setempat tersebut pagi tadi mendatangi Suyitno bersama orang tuanya. Kehadiran mereka untuk meminta maaf dan berterima kasih sudah diselamatkan.

Simak juga 'KRL Anjlok di Dekat Stasiun Sudimara Berhasil Dievakuasi':

[Gambas:Video 20detik]