Sapa Pengungsi Semeru, Jokowi Pastikan Konsumsi dan Kebutuhan Pokok Aman

M Rofiq - detikNews
Selasa, 07 Des 2021 12:51 WIB
Presiden Jokowi di Lumajang
Jokowi di lokasi erupsi Semeru (Foto: M Rofiq/detikcom)
Lumajang -

Presiden Jokowi meninjau sejumlah lokasi terdampak erupsi Gunung Semerudi Lumajang. Salah satunya adalah tempat pengungsian warga korban erupsi Gunung Semeru.

Sekitar pukul 11.20 WIB, Jokowi tiba Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. Jokowi meninjau para korban di pengungsian dan memastikan kebutuhan pokok serta makanan pengungsi.

"Di lokasi pengungsi saya ingin memastikan bahwa pengungsi tertangani dengan baik," kata Jokowi kepada wartawan usai meninjau Jembatan Gladak Perak, Selasa (7/12/2021).

Presiden Jokowi di LumajangPresiden Jokowi di Lumajang (Foto: M Rofiq/detikcom)

Jokowi mengatakan, jika kebutuhan di pengungsian hingga konsumsi bagi pengungsi aman. Maka, para pengungsi tidak perlu khawatir karena sudah dipenuhi oleh pemerintah.

"Baik yang berkaitan dengan konsumsi, kesehatan, air bersih, juga kondisinya mulai membaik," ujarnya.

Usai mendatangi pengungsian, Jokowi melanjutkan peninjauan. Yakni di Jembatan Gladak perak Lumajang yang ambruk saat erupsi, Sabtu (4/12).

Jokowi pun mengucapkan duka cita mendalam bagi korban erupsi Gunung Semeru. Ia juga ingin memastikan beberapa hal sudah dilakukan pasca erupsi.

"Atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia, saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya korban akibat letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur," jelasnya.

Simak Video 'Jokowi ke Lokasi Terdampak Erupsi Semeru: 2.000 Rumah Harus Direlokasi':

[Gambas:Video 20detik]




(iwd/iwd)