1.000 Warga Lereng Semeru Mengungsi Dampak Erupsi

Muhammad Aminudin - detikNews
Minggu, 05 Des 2021 08:13 WIB
semeru erupsi
Warga di pengungsian tanpa pasokan listrik (Foto: Muhammad Aminudin)
Lumajang -

Sebanyak 1.000 warga Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, mengungsi akibat erupsi Gunung Semeru. Warga lereng Semeru tersebut mengungsi ke tujuh titik pengungsian yang tersebar.

Staf Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kecamatan Pronojiwo, Arto Widodo mengatakan bahwa ada beberapa titik lokasi terdampak paling parah akibat erupsi Gunung Semeru.

Yaitu Dusun Curah Kobokan, Dusun Kamara, Dusun Sumbersari, kesemuanya berada di Desa Supiturang.

"Paling parah adalah Dusun Curah Kobokan, tidak bisa terakses karena Jembatan Gladak Perak terputus. Ini satu Desa Supiturang. Untuk jumlah pengungsi sebanyak 1.000 orang, yang disebar di tujuh titik pengungsian," ujar Arto Widodo kepada wartawan di Kantor Kecamatan Pronojiwo, Minggu (5/12/2021), dini hari.

Menurut Arto, ada satu warga Dusun Curah Kobokan dilaporkan meninggal dunia, korban sudah dibawa ke Puskesmas Candipuro. Selain itu, ada dua warga mengalami luka-luka dan dilarikan ke RS Pasirian.

"Sedangkan dua warga Dusun Sumbersari mengalami luka-luka dibawa ke Puskesmas Pronojiwo. Untuk total jumlah warga luka-luka masih belum terhitung pasti, karena keberadaan berpencar," tuturnya.

Arto menegaskan hingga saat ini belum ada suplai bantuan dari Lumajang karena akses jembatan Gladak Perak terputus. Sehingga jangkauan menuju Pronojiwo hanya dapat melalui wilayah Kabupaten Malang.

"Bantuan dari Lumajang terputus total, karena jembatan Gladak Perak terputus. Jadinya untuk memenuhi kebutuhan dilakukan semampunya. Yang sangat dibutuhkan makanan," tegasnya.

Pantauan detikcom, aliran listrik di wilayah Pronojiwo padam. Kantor kecamatan terpaksa menggunakan genset untuk memasok listrik. Bantuan juga belum terlihat berdatangan, sehingga tidak ada yang dapat didistribusikan ke para pengungsi.

Simak Video 'Penampakan Rumah-rumah Terendam Pasir Erupsi Gunung Semeru':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)