Warga Malang yang Diviralkan Buta Kini Menganggur, Istri Jadi Tulang Punggung

Muhammad Aminudin - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 15:16 WIB
Joko Santoso (38) Buta Usai Vaksin AstraZeneca
Joko menunggu istrinya pulang kerja (Foto: Muhammad Aminudin/detikcom)
Malang -

Tiga bulan lamanya, Joko Santoso (38), hanya bisa berdiam di rumah setelah vaksin merenggut matanya. Dia mengalami mengalami gangguan penglihatan atau buta pasca menjalani vaksinasi AstraZeneca.

Joko mengaku, pandangan matanya masih hitam, putih dan kabur. Dan dia sangat berharap bisa kembali pulih.

"Masih terlihat hitam putih jika melihat, tidak jelas. Makanya tidak bisa kemana-mana," kata Joko saat ditemui di rumahnya, Jumat (3/12/2021).

Karena tak mampu melihat dan tidak bekerja, Joko sehari-hari hanya merawat dua anaknya. Padahal biasanya dirinya banting tulang mencari nafkah. Dirinya mengaku serba salah karena istrinya jadi tulang punggung keluarga.

"Gimana mau kerja, ya tiap hari di rumah momong anak-anak. Kasihan istri menghidupi saya dan anak-anak," kata Joko kepada detikcom saat ditemui di rumahnya, Jumat (3/12/2021).

Dari pernikahan dengan Titik Andayani (35), Joko dikaruniai dua anak. Anak pertama kelas 1 SD dan anak kedua baru umur 2 tahun.

Joko hanya bisa pasrah dengan kondisi yang dialami. Meski ada penyesalan setelah tak mampu melihat usai vaksinasi, namun dirinya berharap kondisinya kembali sembuh seperti sedia kala dna tidak buta lagi. Apalagi dirinya tidak memiliki penyakit bawaan.

Simak juga Video: Melihat Uji Coba Vaksin AstraZeneca dengan Metode Semprot Hidung

[Gambas:Video 20detik]