Asal Usul Durian Ripto Trenggalek yang Disebut Jokowi Rasanya Enak

Adhar Muttaqin - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 06:48 WIB
jokowi makan durian
Jokowi incip durian ripto trenggalek (Foto: Adhar Muttaqin/detikcom)
Trenggalek -

Durian salah satu makanan favorit Presiden Jokowi. Terbukti beberapa kali memborong dan membeli durian. Salah satunya di Lombok, Sumatera Utara dan lain-lain. Saat berkunjung ke Trenggalek pun Jokowi tak lupa mencicipi Durian Ripto.

"Ini namanya Durian Ripto, rasanya manis, manisnya itu pas dan tidak menyebabkan enek," kata Jokowi saat menikmati durian bersama Menteri PUPR dan Gubernur Jawa Timur, Selasa (30/11/2021).

Dalam video yang diabadikan oleh Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin, presiden sempat menyebut durian lokal asli Kecamatan Watulimo tersebut salah satu durian terenak yang pernah dinikmati.

"Kayaknya paling enak ini," ujar Jokowi.

Nama Durian Ripto tidak asing bagi pecinta raja buah. Durian yang menjadi varietas unggul di Trenggalek kembali mencuat setelah dinikmati langsung Presiden Jokowio saat berkunjung di Bendungan Tugu. Bagaimana asal usulnya?

Durian Ripto merupakan varietas unggul yang didapat dari kawasan hutan Kali Kuning di Desa Dukuh, Kecamatan Watulimo, Trenggalek. Nama Ripto diambil dari nama Suripto, pengelola pohon durian diwariskan secara turun-temurun oleh para pendahulunya.

Suripto merupakan warga Desa Dukuh yang lahir pada 1942 dan meninggal dunia pada 16 Januari 2018.

Menurut salah seorang anak Suripto, Rusminah pohon induk Durian Ripto diperkirakan telah berumur lebih dari 100 tahun. Pohon tersebut memiliki diameter lebih satu meter dan hingga kini masih berdiri tegak berdampingan dengan pepohonan durian lainnya.

"Pohonnya itu di tengah hutan, dari rumah jaraknya sekitar 3 KM," kata Rusminah, Kamis (2/12/2021).

Kualitas rasa Durian Ripto telah diakui sejak lama. Kala itu keluarganya sempat membanding-bandingkan dengan durian lain yang ada di sekitarnya, ternyata Durian Ripto memiliki cita rasa yang khas dan lebih unggul.

Tonton video 'Kala Jokowi Cicipi Durian Khas Trenggalek: Yang Saya Jumpai Ini Paling Enak':

[Gambas:Video 20detik]