Destinasi Wisata Bergeliat, Ada Senyum Nelayan di Pantai Marina Boom Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 01 Des 2021 19:59 WIB
Pantai Marina Boom Banyuwangi
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Destinasi wisata kembali dibuka membawa angin segar pelaku perahu wisata Pantai Marina Boom Banyuwangi. Sektor wisata yang mulai menggeliat memungkinkan mereka meraup rupiah.

"Alhamdulillah, setelah wisata dibuka kembali, kami sudah kembali bekerja. Meskipun pengunjung belum pulih seperti dulu," ucap Ketua KUB Nelatan Pantai Boom, Bagyo kepada wartawan, Rabu (1/12/2021).

Perahu wisata milik nelayan yang bernaung dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB) Nelayan Pantai Boom ini adalah salah satu wahana tempat wisata dijantung kota Banyuwangi. Letak dermaga yang berdampingan dengan wahana bermain anak-anak, membuat perahu wisata menjadi primadona wisatawan.

Keberadaan wahana perahu wisata di Pantai Marina Boom, Kelurahan Kampung Mandar, Banyuwangi, merupakan anugerah bagi para nelayan. Bisa menjadi sumber pendapatan disaat sepi hasil tangkapan.

"Saat ini anggota KUB kami berjumlah 60 orang nelayan. Ada yang dari warga Kampung Mandar, Kampung Ujung, Kampung Melayu dan daerah sekitar Pantai Marina Boom," ungkapnya.

Satu perahu, masih Bagyo, berawakan dua orang nelayan. Dengan menjadi pelaku perahu wisata, perekonomian nelayan banyak terbantu.

"Kami tidak dipungut pajak apa pun. Namun dengan kesadaran, kami memberikan sharing pendapatan yang dikelola melalui KUB. Itu pun nilainya sangat kecil," jelasnya.

Karena berbentuk sharing, maka nominal menyesuaikan dengan ramai atau sepinya wisatawan pengguna perahu wisata. Meski demikian, PT Pelindo Property Indonesia (PT PPI) selaku pengelola Pantai Marina Boom Banyuwangi, terus melakukan pendampingan. Khususnya dalam memberi edukasi kepada nelayan pelaku perahu wisata tentang bagaimana memberi pelayanan yang baik kepada pengunjung tempat wisata. Yang terpenting lagi adalah keselamatan nelayan dan penumpang.

Manager Area PT PPI Banyuwangi, Nurilma Septanti menyampaikan, keberadaan perahu wisata merupakan kerjasama antara perusahaan dengan nelayan. Sekaligus bentuk pemberdayaan dalam mendorong kesejahteraan masyarakat sekitar.

"Perahu wisata merupakan bagian tak terpisahkan dari kami dalam memajukan sektor pariwisata daerah," katanya.

Tanti juga menambahkan, keterlibatan masyarakat adalah semangat perusahaan. Sebagai pendukung percepatan Pantai Marina Boom Banyuwangi, sebagai pelabuhan kapal pesiar internasional.

"Mayoritas pegawai kami juga masyarakat sekitar. Bahkan dalam kegiatan, kita memprioritaskan keterlibatan masyarakat. Karena berkat masyarakat pula kita bisa terus berbenah menjadi lebih baik," jelasnya.

(fat/fat)