Kasus AIDS di Pacitan Terus Bertambah Setiap Tahunnya

Purwo Sumodiharjo - detikNews
Rabu, 01 Des 2021 16:19 WIB
hiv/aids di pacitan
Kadinkes Pacitan dr Hendra Purwaka (Foto: Purwo Sumodiharjo)
Pacitan -

Kasus HIV/AIDS di Pacitan tercatat tak terlalu banyak. Dinas Kesehatan setempat mencatat hingga saat ini penderitanya sebanyak 96 orang.

Adapun rinciannya, tahun 2018 ditemukan 23 kasus. Angka itu bertambah 39 orang pada tahun 2019. tahun berikutnya didapati penambahan 18 kasus positif. Sedangkan sepanjang 2021 terdapat tambahan 16 penderita. Pun begitu, masyarakat diimbau tidak abai.

"Tapi itu ada. Kita tidak boleh lengah karena itu termasuk penyakit menular," ucap Plt Kadinkes Pacitan dr Hendra Purwaka kepada detikcom, Rabu (1/12/2021) siang.

Kewaspadaan, lanjut Hendra berlaku bagi semua orang. Terlebih sebagian warga bekerja di perantauan. Hal itu menjadi perhatian serius pemerintah daerah bersama Komite Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD).

Pemeriksaan dilakukan kepada perantau yang hendak pulang kampung. Tentu saja dengan melihat rekam jejaknya saat berada di luar daerah. Saat ini, lanjut Hendra, pemeriksaan dilakukan terpadu bersamaan tracing COVID-19.

"Kita lakukan pendekatan kepada para pekerja migran. Bukan hanya (yang datang) dari luar negeri lho, tapi juga luar daerah, luar pulau," papar pria yang menjabat Kepala Dinas Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (KBPP).

"Apalagi saat musim Nataru ini. Kita minta semua petugas berkoordinasi dengan wilayah untuk melakukan tracing dan testing," tambahnya.