Jokowi Kagumi Desain Modern Pasar Pon Trenggalek

Adhar Muttaqin - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 22:48 WIB
Dalam rangkaian kunjungan kerja, Jokowi sempat mengunjungi Pasar Pon,  pasar tradisional yang dibangun secara modern di Trenggalek
Jokowi kunjungi Pasar Pon Trenggalek (Foto: Adhar Muttaqin/detikcom)
Trenggalek -

Jokowi sempat mengunjungi Pasar Pon, pasar tradisional yang dibangun secara modern di Trenggalek. Jokowi keliling ke kios menyapa para pedagang dan pengunjung.

Didampingi Menteri PUPR Basuki Hadi Mulyono, Gubernur dan Gubernur Jawa Timur, serta Bupati Trenggalek, Jokowi melihat infrastruktur pasar yang dibangun di tengah kota tersebut. Ia juga menandatangani prasasti di depan pasar.

Presiden langsung menuju lantai dua dan menyapa ratusan pedagang dan masyarakat yang ada di dalam pasar. Keriuhan pun langsung terjadi.

Dalam kunjungan itu presiden menyempatkan diri berkeliling mulai dari bagian depan hingga belakang pasar. Ia juga sempat membagikan sejumlah kaus dan buku tulis ke masyarakat.

Baca juga: Jokowi Kesengsem Durian Ripto Trenggalek

Sementara Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin, mengatakan presiden mengapresiasi pembangunan pasar tradisional yang mampu disulap menjadi lebih modern oleh Kementerian PUPR.

"Beliau senang melihat desain dan penataan di dalamnya. Menurutnya beliau, membangun pasar tradisional itu harus terbuka, sehingga bisa melihat semua tenant," kata Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin, Selasa (30/11/2021).

Dengan konsep mezzanine atau hunian modern, maka pengunjung yang datang ke Pasar Pon dengan mudah melihat seluruh kios di dalam pasar. Sehingga potensi kios untuk dikunjungi oleh warga semakin tinggi.

"Karena begitu masuk pasar, kios pasar terlihat semua, tidak berbentuk los seperti pasar pada umumnya," imbuhnya.