Buruh yang Blokade Jalan Basuki Rahmat Membubarkan Diri

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 19:46 WIB
demo buruh di surabaya
Massa buruh berangsur membubarkan diri (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Surabaya -

Massa buruh yang sempat memblokade Jalan Basuki Rahmat akhirnya membubarkan diri. Massa membubarkan diri setelah diberi penjelasan oleh buruh lain yang ditemui Sekdaprov.

Dari pantauan detikcom, massa buruh membubarkan diri sekitar pukul 18.45 WIB. Beberapa koordinator buruh yang sempat ditemui Sekdaprov di depan Grahadi bergeser ke Jalan Basuki Rahmat. Mereka memberikan memberikan penjelasan kepada massa buruh. Dan dengan tertib mereka membubarkan diri dan menuju ke daerah masing-masing.

Polisi kemudian mengawal para buruh hingga ke daerah masing-masing dengan mobil Patwal. Arus lalu lintas di Jalan Basuki Rahmat menuju Jalan Embong Malang dan Jalan Gubernur Suryo mencair.

"Untuk aksi hari ini yang dilakukan oleh serikat buruh dan para pekerja. Sejak pukul 08.00 hingga malam ini secara umum berjalan kondusif, dan semua bisa dikendalikan tidak ada permasalahan fisik kecuali terjadi kemacetan akibat dari padatnya massa buruh yang datang ke Surabaya" kata Kapolrestabes Surabaya Kombes Akmad Yusep Gunawan kepada wartawan di lokasi, Selasa (30/11/2021).

Yusep menambahkan massa buruh yang datang dari Pasuruan, Mojokerto, Jombang, Tuban, Lamongan dan Gresik semuanya masuk ke Kota Surabaya dan melintas di jalur utama. Sempat terjadi kemacetan di Jalan Ahmad Yani hingga Jalan Tunjungan.

"Secara umum berjalan kooperatif dan komunikasi. Kegiatan ini di audiensi oleh khusus bapak Sekda yang hadir dan bapak Wakapolda Jatim untuk memfasilitasi apa yang menjadi aspirasi masyarakat buruh," ungkap Yusep.

"Dan alhamdulillah tadi berkomitmen untuk membubarkan secara baik. Dan saat ini kepolisian mengantar buruh ke Sidoarjo, Gresik, maupun Pasuruan, Mojokerto. Kami mohon maaf kepada masyarakat Kota Surabaya yang terganggu aktivitasnya atas kegiatan aksi buruh. Namun tetap kita jaga gotong royong dan kebersamaan untuk menjaga Kamtibmans," tandas Yusep.

Simak video 'Saat Buruh Blokade Jalan Basuki Rahmat Surabaya, Parkir 6 Truk di Tengah':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)