Bendungan Tugu Diresmikan, Pemprov Jatim Segera Fungsikan Anjungan Cerdas

Adhar Muttaqin - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 17:44 WIB
bendungan tugu trenggalek
Bendungan Tugu Trenggalek (Foto: Adhar Muttaqin/detikcom)
Trenggalek -

Pemprov Jatim memastikan akan segera memfungsikan rest area Anjungan Cerdas Trenggalek, seiring peresmian Bendungan Tugu. Anjungan Cerdas akan berfungsi dengan pengungkit pariwisata dan ekonomi kreatif.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, mengatakan rencana operasi Anjungan Cerdas ditargetkan akan terlaksana pada awal tahun 2022 mendatang.

"Mudah-mudahan jika pergantian tahun ini COVID-19 kondusif maka Anjungan Cerdas akan kita fungsikan di antaranya pagelaran seni pariwisata dan juga untuk display dari produk kreatif," kata Wagub Emil Elestianto Dardak, saat di Bendungan Tugu, Selasa (30/11/2021).

Menurutnya operasional Anjungan Cerdas telah direncanakan sejak lama, namun terhalang pandemi COVID-19. Meski demikian pihaknya optimistis, keberadaan Anjungan Cerdas dan Bendungan Tugu yang baru diresmikan akan menguntungkan Trenggalek dan daerah sekitarnya, untuk mendongkrak perekonomian masyarakat.

Terlebih kedua proyek strategis nasional tersebut memiliki pemandangan dan lokasi yang istimewa, karena berada di samping jalan nasional Trenggalek-Ponorogo.

"Kami meyakini bahwa peresmian bendungan ini menjadi pemicu kami segera pemanfaatan cerdas ini. Nanti Anjungan Cerdas akan dikelola oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur," imbuhnya.

Sementara soal peresmian Bendungan Tugu, Emil berharap mampu memberikan manfaat besar bagi masyarakat Trenggalek khususnya untuk pengendali banjir dan irigasi pertanian.

"Mewakili Pemprov Jatim, ini sangat strategis untuk mencegah banjir dan juga untuk meningkatkan irigasi teknis. Karena kita tahu di Trenggalek tentunya masih ada potensi-potensi sawah yang bisa musim tanamnya ditambah dengan ini dan di saat yang sama juga untuk penanganan banjir," imbuh Emil.

(fat/fat)