Wisata Kuliner UMKM Cara Wali Kota Madiun Hidupkan Ekonomi

Sugeng Harianto - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 14:05 WIB
Wisata Kuliner Lapak UMKM Tiap Kelurahan, Cara Wali Kota Madiun Tumbuhkan Ekonomi
Foto: Sugeng Harianto
Madiun -

Pilihan mencicipi kuliner di Kota Madiun kini kian beragam. Tak usah bingung, karena banyak lapak UMKM menjajakan kuliner tradisional hingga kekinian yang bisa dijumpai.

Program Lapak UMKM ini merupakan gebrakan Wali Kota Madiun, sekaligus wujud pemerataan pembangunan. Karena, aneka stan kuliner ini bisa ditemui di tiap kelurahan.

"Artinya, pembangunan tidak hanya di tengah kota saja. Namun, sampai di tiap kelurahan kita ciptakan wisata kuliner biar semua orang dengan mudah dan dekat bisa menikmati sajian UMKM," ujar Maidi saat dikonfirmasi detikcom Selasa (30/11/2021).

Wisata kuliner lapak UMKM, kata Maidi, telah beroperasi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Tak hanya kuliner saja, namun aneka kebutuhan sayuran mentah juga tersedia di lapak.

"Pembangunan lapak tentu bertahap, tak hanya kuliner langsung santap tapi juga aneka kebutuhan bahan sayuran mentah. Saya pesan, lapak ini dikelola dengan baik. Yang rukun. Tidak usah ribut. Ini penting agar harapan kita untuk meningkatkan ekonomi lokal bisa maksimal,'' kata Maidi.

Maidi menjelaskan, setiap kelurahan harus memiliki ikon tersendiri. Sementara terkait pengunjungnya, Pemkot Madiun bakal mendatangkan wisatawan melalui jalur sepeda wisata.

"Jadi, ketika pengunjung atau pesepeda haus atau lapar setelah bersepeda ataupun beribadah, bisa langsung ke lapak UMKM di tiap kelurahan untuk menikmati kulinernya," ungkap Maidi.

Program Lapak UMKM di Kota Madiun telah resmi berjalan bertahap. Saat ini sudah ada dua kelurahan yang mengambil start lebih awal.

Seiring waktu, akan menyusul 25 kelurahan lain yang saat ini sudah mulai berlomba membuat wisata kuliner.