Menjadi Aktivis Lingkungan, Nina Senang Bisa Bermanfaat Bagi Orang Lain

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 09:12 WIB
Nama Aeshnina Azzahra Aqilani
Nina di laboratorium Ecoton (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Surabaya -

Aeshnina Azzahra Aqilani (14), pelajar SMPN 12 Gresik telah menjadi aktivis lingkungan yang mendunia. Ia sempat diundang ke Amsterdam dalam acara Plastic Health Summit 2021 pada Oktober lalu.

Remaja yang akrab disapa Nina itu diundang ke Plastic Health Summit 2021 mewakili ECOTON, organisasi konservasi lingkungan yang didirikan oleh ayahnya, Prigi Arisandi. Organisasi itu, concern pada pemulihan sungai yang tercemar di Gresik dan Surabaya.

Nina mengaku senang bisa diundang ke Amsterdam berkat aktivitas membahas isu lingkungan khususnya persoalan sampah plastik dan sachet. Nina juga senang aktivitasnya bisa bermanfaat bagi semua orang.

Nama Aeshnina Azzahra AqilaniFoto: Deny Prastyo Utomo

Nina mengaku tetap memiliki optimis tinggi di dalam bidang lingkungan. Ia tetap akan melakukan kampanye menjaga lingkungan dan melakukan penelitian.

"Saya tetap memiliki optimis sendiri untuk kampanye dan penelitian. Saya merasa senang bisa bermanfaat bagi semua orang," ungkap Nina saat ditemui di kediamannya Wriginanom Gresik, Jatim, Selasa (30/11/2021).

Ditemui di rumahnya, yang juga menjadi basecamp aktivis lingkungan Ecoton, Nina didampingi ayahnya terlihat sedang meneliti sampling air yang di dalamnya mengandung plastik mikro. Sampel air itu diteliti di bawah mikroskop.

Di basecamp itu, Nina juga belajar bersama dengan siswa atau mahasiswa yang kebetulan magang untuk melakukan penelitian di laboratorium milik Ecoton.

Bahkan untuk mengambil, sampling air sungai yang akan diteliti, Nina bersama dengan beberapa aktivis lingkungan Ecoton mengambil sendiri air di sungai. Air itu kemudian dibawa ke laboratorium untuk diteliti. Tidak hanya air, ikan-ikan yang habitatnya di sungai sekitar juga diteliti.

Simak video 'Nina Bocah Gresik yang Mendunia Gegara 'Lantang' Bicara Lingkungan':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)