Ada Varian Baru Omicron, Hindari Bertemu Orang Baru Pulang dari Luar Negeri

Hilda Meilisa - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 15:13 WIB
Ketua Pelaksana PPKPC-RSLI Radian Jadid
Ketua Pelaksana PPKPC-RSLI Radian Jadid/Foto: Istimewa (Dok Pribadi)
Surabaya -

Varian baru COVID-19 Omicron atau B.1.1.529 yang merebak pertama kali di Afrika Selatan tengah ramai diperbincangkan. Masyarakat diimbau menghindari bertemu dengan orang yang baru pulang dari luar negeri.

Penjelasan WHO menyebut sampel pertama varian Omicron ditemukan 9 November 2021 dan dilaporkan Afrika Selatan (Afsel) pada 24 November 2021. Selanjutnya varian tersebut ditetapkan sebagai Variant Under Monitoring (VUM) oleh WHO. Lalu 2 hari kemudian ditetapkan sebagai Variant of Concern (VoC) pada 26 November 2021.

Untuk mencegah varian ini masuk ke Jawa Timur, Program Pendampingan Keluarga Pasien COVID-19 Rumah Sakit Lapangan Indrapura (PPKPC-RSLI) pun melakukan sosialisasi dan edukasi.

Ketua Pelaksana PPKPC-RSLI Radian Jadid mengingatkan masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan 6M. Masyarakat perlu tetap mewaspadai kemungkinan muncul dan merebaknya varian baru COVID-19.

"Interaksi dengan orang lain yang baru melakukan perjalanan dari luar negeri hendaknya dihindari," kata Jadid di Surabaya, Senin (29/11/2021).

Jadid mengatakan saat ini Indonesia masih mengalami pandemi COVID-19. Untuk itu, belum waktunya protokol kesehatan di masyarakat kendor.