Libur Weekend, Waspadai Hujan Deras Disertai Petir dan Angin Kencang

Esti Widiyana - detikNews
Minggu, 28 Nov 2021 09:17 WIB
hujan di surabaya
Ilustrasi hujan (Foto file: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

BMKG memprakirakan hujan masih melanda seluruh wilayah di Jawa Timur. Bagi warga yang biasa menghabiskan weekend tidak ada salahnya waspada hujan turun.

"Waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat. Cuaca siang-sore hari didominasi mendung-hujan lebat dan waspada jika ada petir," keterangan BMKG yang dilihat detikcom, Minggu (28/11/2021).

BMKG juga mengingatkan warga tidak berhenti dan berteduh di bawah pohon. Hal itu mengantisipasi pohon tumbang.

"Jangan berteduh di bawah pohon atau malah berada di tanah lapang (Rawan petir). Berlindunglah di dalam rumah atau warung terdekat jika sedang berpergian," katanya.

Dari catatan BMKG, pagi hari sekitar pukul 07.00-10.00 WIB diprakirakan cerah, berawan, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir di Jatim. Hujan mengguyur di wilayah Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Lamongan, Kabupaten Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Bangkalan dan Pamekasan.

Siang-sore hari sekitar pukul 13.00-16.00 WIB diprakirakan berawan, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir. Hujan mengguyur di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Magetan, Kabupaten Malang, Kota Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Bangkalan dan Sampang.

Sedangkan saat malam hari hujan mulai mereda di Jatim. Namun tetap masih ada yang diguyur hujan ringan hingga sedang. Seperti di wilayah Gresik, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang dan Jember.

Suhu udara 14-33 °C, kelembapan udara 60-100%. Kemudian angin dominan dari Selatan - Barat Daya dengan kecepatan 05-30 Km/Jam.

Simak juga 'Dampak Siklon Tropis Paddy di Wilayah Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)