Kawanan Monyet Hidup di Tengah Kuburan Ngujang Tulungagung Dianggap Keramat

Adhar Muttaqin - detikNews
Jumat, 29 Okt 2021 11:59 WIB
monyet ngujang tulungagung hidup di tengah kuburan
Monyet hidup di tengah kuburan Ngujang (Foto: Adhar Muttaqin/detikcom)
Tulungagung -

TPU Ngujang Tulungagung dikenal unik. Karena sekitar 200 ekor monyet survive hidup di tengah kuburan. Terkadang monyet ini muncul dan tampak bermain hingga di pinggir jalan, namun suatu saat tidak muncul sama sekali meski diiming-imingi makanan.

Di kalangan masyarakat Tulungagung banyak yang menyebutkan, monyet-monyet Ngujang keramat. Karena monyet Ngujang hidup di tengah kuburan itu kadang menghilang dan tak terlihat sama sekali aktivitasnya. Padahal biasanya monyet-monyet itu berkeliaran di sekitar makam hingga jalan raya.

Jika ada pengguna jalan yang beruntung, monyet warna abu-abu itu berada di sekitar Jembatan Ngujang dan menerima makanan apapun yang diberikan.

Namun tidak ada yang tahu asal muasal keberadaan monyet tersebut. Meski tak hidup dalam kandang, namun monyet tersebut bisa berinteraksi dengan masyarakat atau pengunjung yang datang.

Kawanan monyet biasa hidup secara bergerombol dengan koloninya, terkadang berada di antara batu-batu nisan, pinggir jalan maupun bergelantungan di pepohonan.

Adalah Yuniasih, pengunjung TPU Ngujang. Dia mengaku sudah beberapa kali melintas atau berkunjung ke Ngujang. Semula dia merasa takut monyet-monyet liar tersebut jumlahnya banyak akan mencakarnya. Namun hal itu tidak terjawab.