Resmi Dilantik, HIPMI Perkuat Dukungan untuk Jatim Bangkit

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 27 Okt 2021 21:50 WIB
Sebanyak 180 pengurus BPD Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Timur, resmi dilantik oleh Ketua Umum Badan Pengurus Pusat HIPMI Mardani H Maming, di Gedung Negara Grahadi Surabaya dan di Hotel JW Marriott. Pelantikan digelar di dua tempat untuk mematuhi protokol kesehatan.
Pengurus BPD HIPMI Jawa Timur resmi dilantik/Foto: Istimewa
Surabaya -

Sebanyak 180 pengurus BPD Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Timur, resmi dilantik oleh Ketua Umum Badan Pengurus Pusat HIPMI Mardani H Maming, di Gedung Negara Grahadi Surabaya dan di Hotel JW Marriott. Pelantikan digelar di dua tempat untuk mematuhi protokol kesehatan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, Anggota DPR RI Mufti Anam, Wakil Ketua Umum Kadin Jatim Diar Kusuma Putra, Dewan Kehormatan BPD HIPMI Jatim Ali Affandi, dan sejumlah mantan Ketua Umum HIPMI Jatim.

Ketua Umum BPD HIPMI Jatim Rois Sunandar Maming mengungkapkan, ada 180 orang kader pengusaha muda terbaik yang berasal dari berbagai daerah di Jatim, yang dilantik menjadi pengurus BPD HIPMI Jatim.

"Kami menyusun kepengurusan yang besar, karena kami bersungguh-sungguh untuk turut membangun potensi daerah dan mewujudkan Jatim Bangkit yang sudah dicanangkan Ibu Gubernur. Kami memandang, kegiatan pelantikan ini bukanlah seremoni semata. Melainkan sebagai sarana penguatan, pengembangan, dan pemberdayaan potensi diri. Bukan hanya untuk diri masing-masing pengurus, akan tetapi yang lebih penting adalah sumbangsih yang bisa diberikan kepada masyarakat," tegas Rois, Rabu (27/10/2021).

Ia mengungkapkan, HIPMI Jatim memiliki visi yang terangkum dalam Jatim AKSI. Yaitu amanah, kolaboratif, solutif, dan inklusif. Amanah dengan berjuang sekeras tenaga untuk bergerak bersama memberdayakan pengusaha muda, membentuk kader pengusaha muda yang terpercaya, bertanggung jawab dan dapat menjaga komitmen.

Kolaboratif dengan menggalang pembentukan ekosistem bisnis yang dihasilkan dari kerja kolaborasi semua kalangan. Solutif dengan program yang memberi solusi bagi pengusaha muda. Inklusif dengan program dan gerak organisasi yang akan menjadi rumah bagi semua pengusaha muda.

Konsep #JatimAKSI dari HIPMI Jatim akan mendukung sepenuhnya semangat Jatim Bangkit yang digerakkan Pemprov Jatim.

"Program kerja dan gerak anggota, yang dimulai dari pelantikan dan Diklatda, akan didedikasikan untuk menyukseskan sejumlah program dari Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim, seperti One Pesantren One Product (OPOP), pengembangan industri halal, East Java Super Corridor, Jatim Big Data Initiative, Millennial Job Center, East Java Innovative Economic Router dan sebagainya," ujar Rois.

Untuk itu, HIPMI selalu membangun optimisme anggota untuk terus bangkit dan berkembang. Dengan optimisme dan kolaborasi tersebut, ia yakin sejumlah tantangan akan mampu dihadapi. Terlebih di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Selain bersinergi dengan Pemprov Jatim, HIPMI Jatim juga akan berkolaborasi dengan berbagai organisasi lain seperti dengan Kadin Jatim untuk peningkatan SDM dan UMKM. Salah satu program yang akan dilaksanakan adalah kolaborasi dalam peningkatan produk dan kualitas UMKM melalui rumah kurasi serta peningkatan SDM melalui sertifikasi profesi.