Sudah Tiga Pekan Ditutup, Kapan Wisata Gunung Bromo Buka Lagi?

Faiq Azmi - detikNews
Rabu, 27 Okt 2021 19:24 WIB
Kadisbudpar Jatim Sinarta
Kadisbudpar Jatim Sinarta (Foto: Faiq Azmi/detikcom)
Surabaya -

Bromo Tengger Semeru (BTS) ditutup sejak Selasa (5/10/2021) lalu. Pasalnya, 4 jalur menuju kawasan BTS masih masuk PPKM level 3. Jika salah satu kabupaten yang menjadi jalur masuk BTS turun level ke 2, maka BTS boleh dibuka.

"Kalau 4 jalur baik itu Lumajang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Malang masih PPKM level 3, itu belum dibuka. Tapi apabila salah satu jalur misa kabupaten Malang PPKM level 2, maka BTS buka tapi hanya dari jalur yang masuk PPKM level 2," kata Kadisbudpar Jatim Sinarta di Surabaya, Rabu (27/10/2021).

Empat jalur tersebut, yakni Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Malang dan Lumajang. Ke-4 daerah tersebut, berdasarkan Inmendagri terbaru masih masuk PPKM level 3.

Sinarta mengaku, pihaknya masih menunggu kembali update Inmendagri dua pekan mendatang. Karena, per-25 Oktober, empat daerah yang menjadi jalur menuju BTS masih masuk PPKM level 3.

"Opsinya memang Inmendagri, kalau ada perbaikan (level PPKM turun) ya dibuka, untuk wilayah destinasi. Kalau hotel restoran masih jalan. Sekarang masalah buka dan tutup kabupaten kota punya kewenangan. Bromo masuk wilayah KLHK, kalau kabupaten kota masih level 3, maka KLHK menutup. Kalau ada satu jalur yang level dua, maka oleh KLHK akan dibuka," bebernya.

Sinarta menambahkan, kawasan BTS menjadi perhatian khusus pemerintah pusat. Sejumlah program disiapkan, untuk memaksimalkan sejumlah opsi wisata di kawasan BTS.

"Jadi kawasan wisata Bromo dapat perhatian nasional, pembangunan ke depan tetap dimaksimalkan. Jalan melalui program PHJD yang ada di PU Bina Marga terus dilakukan. Kalau Jembatan Kaca dari PUPR juga gitu," katanya.

"Kelihatannya pemerintah pusat melihat bahwa Bromo perlu dieksplor besar-besaran sehingga pendekatan ekonomi pariwisata bisa terwujud di Jatim," tandasnya.

Sementara Plt Kepala Balai Besar TNBTS Novita Kusuma Wardani masih menunggu perkembangan PPKM.

"Untuk kawasan BTS kapan dibuka lagi, kami masih menunggu perkembangan PPKM," Kata Novita kepada detikcom, Rabu (27/10/2021).

Novita menjelaskan, sebelumnya penutupan dilakukan karena Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Malang, dan Lumajang sebagai jalan masuk ke Bromo naik level PPKM dari level 2 ke level 3.

(fat/fat)