Kemenkominfo Gelar Kampanye Cegah Stunting Gandeng Milenial Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 27 Okt 2021 17:20 WIB
Kemenkominfo Gelar Kampanye Cegah Stunting Gandeng Milenial Banyuwangi
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar sosialisasi tentang pencegahan stunting di Banyuwangi. Menariknya, acara tersebut menyasar generasi muda milenial yang mereka sebut dengan Genbest (Generasi Bersih dan Sehat).

Direktorat Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Ditjen IKP Kemenkominfo menggelar sosialisasi Kepoin Genbest (Generasi Bersih dan Sehat) dengan topik nutrisi penting untuk lawan stunting. Acara yang digelar secara hybrid ini diikuti lebih dari 100 peserta, mulai dari pelajar SMA/SMK sederajat hingga mahasiswa, Rabu (27/10/2021).

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani yang hadir secara virtual menyampaikan bahwa ini merupakan terobosan yang menarik. Mengingat masalah stunting sudah dikenalkan sejak dini kepada generasi muda.

"Kalau berbicara tentang stunting biasanya dengan ibu-ibu hamil, nah sekarang ini beda karena kita berbicara stunting dengan anak-anak muda. Saya sangat senang sekali ada tren baru bahwa pembahasan masalah sosial masyarakat mulai melibatkan anak-anak muda. Ini sangat penting, karena ini bagian upaya preventif," kata Ipuk di depan para peserta.

Ipuk menjelaskan bahwa Banyuwangi sendiri mulai menginisiasi edukasi stunting pada anak muda dengan membentuk "Duta Cegah Perkawinan Anak" yang terdiri dari 200 pelajar SMP dan SMA se-Banyuwangi. Duta pelajar tersebut telah mengikuti pelatihan terkait masalah perkawinan dan reproduksi, yang di dalamnya juga ada materi risiko anak stunting.

"Apa yang kami lakukan ini (Duta Cegah Perkawinan Anak) mendapat apresiasi dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Dan tentunya dengan sosialisasi yang digelar Kemenkominfo hari ini akan memperkuat edukasi pada masyarakat, khususnya pada anak muda," kata Ipuk.