Mensos Risma Datangkan Tukang Marmer dari Tulungagung untuk Percantik MBK

Erliana Riady - detikNews
Rabu, 27 Okt 2021 12:12 WIB
Blitar -

Makam Bung Karno (MBK) terus dibenahi agar semakin nyaman dan sedap dipandang. Termasuk memoles marmer agar lebih kinclong.

Bahkan, agar marmer di MBK tampak seperti baru, Kemensos mendatangkan tukang marmer dari Tulungagung. Proses pemolesan marmer di seluruh area makam diperkirakan membutuhkan waktu dua pekan.

"Ada delapan pekerja didatangkan dari Tulungagung khusus nangani marmer ini. Karena memang kami sehari-hari tukang marmer di sana. Mengerjakan marmer seluruh makam ini ya mungkin sampai dua pekan baru selesai," ujar pekerja asal Tulungagung, Aris kepada detikcom, Selasa (27/10/2021).

Sentuhan Mensos Risma,  mampu mengubah image sakral makam Sang Proklamator menjadi destinasi wisata edukasi sejarah bagi generasi muda.Pemolesan marmer di MBK/ Foto: Erliana Riady

Marmer di Makam Bung Karno didatangkan dari Tulungagung sekitar tahun 1977. Dengan pemolesan yang dilakukan, MBK akan makin indah dan terkesan mewah.

Kepala Pengelola Kawasan Wisata MBK, Heru Santoso mengatakan, proses pemolesan marmer masih berlangsung. Ditargetkan selesai dikerjakan dalam dua pekan.

"Saya juga minta lapisan marmer di tembok yang mengelilingi makam juga dipoles. Sekalian biar semua tampak baru dan lebih indah," ujar Heru.

Upaya mempercantik Makam Bung Karno dilakukan sejak Sabtu (23/10). Mensos Risma tidak hanya ziarah, tapi juga ikut bersih-bersih di area MBK.

Merupakan tanggung jawab Kementerian Sosial untuk maintenance makam pahlawan. "Sejak tahun 1979 di sini (MBK) belum pernah tersentuh maintenance Kemensos. Jadi baru kali ini kita lakukan, agar aura MBK ini semakin hidup," kata Risma waktu itu.

(sun/bdh)