Sempat Dilanda Sumuk, Mendung hingga Gerimis Bikin Surabaya Terasa Adem

Hilda Meilisa - detikNews
Rabu, 27 Okt 2021 10:09 WIB
hujan merata di surabaya
Gerimis di Surabaya (Foto file: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Cuaca di Kota Surabaya dan sekitarnya akhir-akhir ini panas hingga membuat gerah atau sumuk. Namun pagi ini, sumuk tak lagi melanda wilayah Surabaya.

Pantauan detikcom sejak pagi, cuaca di Kota Surabaya cenderung mendung. Bahkan, gerimis hingga hujan ringan terjadi di sejumlah titik mulai dari Jalan Basuki Rahmat hingga Jalan Gubernur Suryo.

"Tadi pas berangkat kerja suasananya enak mendung. Terus nggak lama gerimis," kata salah satu warga Surabaya, Nila Nurmala, Rabu (27/10/2021).

Sementara BMKG Klas I Juanda Surabaya menyebut adanya penambahan curah hujan ini merupakan dampak dari dari La Nina dan Indian Oceanic Dipole (IOD) negative.

Selain itu, gelombang atmosfer Kelvin juga diprakirakan akan melalui Jatim pada tanggal 30 hingga 31 Oktober. Beberapa hal ini disebut turut mempengaruhi curah hujan. Sedangkan dari prakiraan cuaca, ada sejumlah wilayah yang diprakirakan dilanda hujan.

"Waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada pagi hari di wilayah Kabupaten Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Pamekasan dan Sumenep," kata Kasi Data dan Informasi BMKG Klas I Juanda Surabaya Teguh Tri Susanto.

Sedangkan pada siang hingga sore hari, hujan ringan hingga lebat dengan petir dan angin kencang akan terjadi di wilayah Nganjuk, Kabupaten Madiun, Ngawi dan Magetan.

Untuk suhu udara di Jatim berkisar di angka 14 hingga 37 °C. Lalu, kelembapan udara mulai 45 sampai 95% dan angin dominan dari Tenggara menuju Timur dengan kecepatan 05 sampai 30 KM/Jam.

Simak juga 'Sebagian Besar Wilayah Indonesia Berpotensi Hujan':

[Gambas:Video 20detik]



(hil/fat)